Fitur Parental Control TikTok Bantu Ortu Awasi Anak di Medsos

Sazili Mustofa, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 17:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 16 2311865 fitur-parental-control-tiktok-bantu-ortu-awasi-anak-di-medsos-PoAPvELQRl.jpg Aplikasi TikTok (Foto:Dok Okezone)

BEIJING - Kekhawatiran para orang tua (ortu) terhadap anaknya yang bermain aplikasi TikTok, pelan tapi pasti mulai hilang. Aplikasi berbagi video asal China, TikTok, baru saja melakukan penyegaran. Dengan tambahan fitur Parental Control, orang tua bisa lebih mengawasi kegiatan anak di jejaring sosial tersebut.

Para ortu nantinya bisa membuat akun lebih privat dan bisa mengakses apa yang dilihat anak-anak mereka.

Baca Juga: YouTube Buat Fitur Video Pendek Bernama Shorts, Saingi TikTok?

Tujuannya untuk mencapai keseimbangan antara keamanan bagi anak, sekaligus mendukung mereka untuk mengekspresikan diri.

Baca Juga: PM Australia Kecam Video Bunuh Diri di TikTok

"Sekarang kami telah memperluas fitur parenting untuk memberi orang tua pengawasan yang lebih besar dan keluarga untuk menciptakan pengalaman TikTok yang tepat untuk mereka," terang TikTok dilansir CNET, Rabu (18/11/2020).

Sebelumnya, TikTok sudah lebih dulu memperkenalkan fitur Family Pairing yang bermanfaat bagi orang tua yang ingin mengakses akun TikTok anaknya.

"Awal tahun ini kami memperkenalkan Family Pairing, yang memungkinkan orang tua menautkan akun TikTok mereka ke akun anak untuk mengaktifkan berbagai pengaturan konten dan privasi," kata TikTok.

Tak hanya itu, orang tua dan anak bisa bersama-sama mengatur batasan komentar pada video yang diunggah. Opsinya adalah semua orang, hanya teman-teman atau tidak seorang pun.

Selain sejumlah alat untuk memperkuat kebijakan keselamatan anak-anak di platformnya, TikTok juga mengembangkan kemitraan global untuk melindungi eksploitasi anak.

Jika hal itu terjadi, TikTok akan menghapus konten, menghentikan akun dan melaporkannya ke yayasan perlindungan anak supaya aplikasi tersebut aman dan nyaman digunakan segala usia.

 "Kami sangat peduli dan memperhatikan anak-anak dengan kolaborasi antara platform, pemerintah, dan organisasi keselamatan anak.," ujar TikTok.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini