Buka YouTube, Pengguna Diberikan Informasi Akurat Vaksin Covid-19

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Kamis 19 November 2020 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 16 2312192 buka-youtube-pengguna-diberikan-informasi-akurat-vaksin-covid-19-RsngCYTjHZ.jpg Ilustrasi YouTube. (Foto: NordWood Themes/Unsplash)

YOUTUBE pada awal tahun ini telah menambahkan panel informasi ke video dan penelusuran tentang virus corona (covid-19). Pengguna akan diarahkan ke sumber terpercaya untuk mendapatkan informasi yang tepat seputar penyakit tersebut.

Sekarang YouTube memberikan sedikit perubahaan pada panel ini dengan menautkan informasi akurat tentang vaksin covid-19.

Baca juga: Cara Mengatasi YouTube Error di PC, Android, hingga iOS 

Hal itu dilakukan sebagai langkah untuk memerangi informasi daring yang salah terkait covid-19. Melalui video yang relevan, panel akan mendorong pengguna YouTube mempelajari kemajuan vaksin yang terhubung ke sumber CDC dan WHO.

Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: RFI)

Dikutip dari The Verge, Kamis (19/11/2020), panel tersebut sudah mulai muncul di bagian pencarian dan di bawah video. Laporan Cnet menyebutkan fitur ini sudah dapat diakses oleh warga Amerika Serikat dan segera diluncurkan secara global dalam beberapa hari ke depan.

Baca juga: YouTube Meminta Maaf soal Gangguan Layanan

YouTube melihat potensi perkembangan berbagai vaksin covid-19 dan berupaya sebagai agen penyalur informasi yang tepat kepada penggunanya. Hal ini juga diharapkan dapat menjangkau orang-orang yang tidak percaya dengan vaksin.

Setelah fitur ini diluncurkan, kotak informasi kecil di bawah video akan muncul dan pengguna dapat mengetuknya untuk diarahkan ke sumber terpercaya.

Sementara itu terkait masa pandemi virus corona (covid-19) ini, YouTube juga meniadakan acara rutin Rewind. Ini menjadi pertama kalinya acara penghargaan tersebut dibatalkan sejak dilaksanakan pada 2010. Acara ini biasanya ditujukan kepada para pembuat konten, tren, hingga momen-momen tertentu yang terjadi sepanjang tahun.

YouTube tidak menjelaskan apakah Rewind kembali pada tahun 2021 yang akan datang. Semua itu tergantung bagaimana kondisi di masa depan. Pastinya kegiatan tahunan ini sangat dirindukan pengguna YouTube.

Baca juga: Video Tak Bisa Diputar, Ini Penjelasan YouTube 

Ilustrasi Youtube. (Foto: Ubergizmo)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini