Contoh Software Akuntansi Terbaik, Bisa Bantu Kelola Bisnis

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Minggu 22 November 2020 07:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 22 16 2313821 contoh-software-akuntansi-terbaik-bisa-bantu-kelola-bisnis-Sr2V4WdWwO.jpg Ilustrasi. (Foto: Burst/Unsplash)

BAGI pelaku bisnis, pengelolaan uang secara efektif adalah hal yang sangat penting. Terlebih di masa pandemi saat ini, monitoring data diperlukan agar dapat memantau perkembangan perusahaan. Laporan keuangan atau pembukuan yang kurang tepat menjadi sedikit dari sekian banyak kendala lainnya dalam menjalankan bisnis.

Namun, masalah tersebut sekarang dapat diatasi dengan menggunakan software (perangkat lunak) akuntansi. Ini dapat membantu pebisnis menjaga dan mengontrol data perusahaan agar tetap teratur.

Baca juga: Miliki 98 Juta Pengunduh, Data Pengguna Aplikasi Muslim Pro Dijual ke Militer AS 

Dilansir dari TechRadar, Minggu (22/11/2020), berikut beberapa contoh software akuntansi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan bisnis.

1. FreshBooks

FreshBooks adalah layanan akuntansi berbasis cloud yang dirancang khusus untuk bisnis kecil. Software ini memiliki beberapa fitur seperti faktur, pelacakan pengeluaran, pelacakan waktu, sejumlah laporan bisnis, bahkan opsi untuk mengambil pembayaran kartu kredit.

2. QuickBooks

Software berbasis cloud ini cukup dikenal dalam dunia akuntansi dan pembukuan. Dikembangkan oleh Intuit, QuickBooks memiliki sejumlah produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelaku bisnis. Beberapa di antaranya seperti QuickBooks Online, QuickBooks Live Bookkeeping, dan QuickBooks Desktop Pro.

3. Xero

Layanan ini menawarkan pelacakan dan manajemen pengeluaran yang cerdas secara opsional di ponsel Android dan iOS. Paket Xero Growing dapat digunakan untuk mengatasi masalah faktur, bank, atau tagihan. Dengan berlangganan 30 dolar per bulan, pengguna menerbitkan faktur dan memasukkan tagihan sebanyak mungkin.

Baca juga: Ingin Hemat Kuota Data saat Meeting Zoom? Perhatikan 6 Hal Ini 

4. Sage Business Cloud Accounting

Software ini mendapatkan modul untuk mengelola penawaran, faktur, menangani dan mengirimkan PPN secara online, umpan dan rekonsiliasi bank pintar, perkiraan arus kas, laporan terperinci, dukungan mata uang, hingga pelacakan proyek melalui ponsel atau desktop.

5. Kashoo

Software ini memiliki paket berlangganan per bulan atau tahunan. Namun, dana yang dikeluarkan setara dengan kualitas sotware ini yang hampir dapat memenuhi semua kebutuhan bisnis.

Beberapa fitur dalam Kashoo seperti dukungan multi-mata uang dan transaksi kartu kredit untuk semua operator utama (Amex, Visa, dan Mastercard). Pengguna juga dapat menerbitkan faktur tak terbatas serta koneksi ke lebih dari 5.000 lembaga keuangan untuk rekonsiliasi akun online.

Baca juga: Dukung WFH, Intip Deretan Aplikasi Video Konferensi Terbaik 

6. Zoho Books

Zoho Books adalah layanan akuntansi berbasi cloud yang menawarkan segala macam solusi dalam menjalankan bisnis. Software ini cocok untuk seorang freelancer, pedagang tunggal, atau seseorang yang menjalankan bisnis kecil.

7. KashFlow

Layanan ini tidak hanya memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas akuntansi, namun juga dapat melakukan penggajian dan SDM. Software ini memiliki beberapa paket dengan fungsi seperti kemampuan mengirim faktur dan rekonsiliasi transaksi bank. Selain itu juga ada fungsionalitas penggajian yang terdapat pada paket berbayar.

Baca juga: Ubah Audio Jadi Teks, Microsoft Hadirkan Fitur Transcribe untuk Word 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini