10 Aplikasi Pembersih RAM, Bikin Performa Ponsel Jadi Cepat Lagi

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Minggu 22 November 2020 08:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 22 16 2313838 10-aplikasi-pembersih-ram-bikin-performa-ponsel-jadi-cepat-lagi-32EqZe8x6R.jpg Ilustrasi smartphone. (Foto: Androidpit/Nextpit)

PEMELIHARAAN perangkat teknologi adalah hal yang sangat penting dilakukan. Hal ini dapat meningkatkan kinerja gawai, masa pakai baterai, dan membuang file sampah. Tugas tersebut nyatanya dapat dilakukan oleh aplikasi pembersih RAM di platform Android.

Aplikasi pembersih RAM di perangkat Android sangat baik untuk menemukan file yang tidak berguna dan membantu menghapusnya. Jika kinerja ponsel mulai lambat, coba gunakan aplikasi ini.

Baca juga: Tips Memaksimalkan RAM Smartphone agar Tidak Lambat 

Berikut deretan aplikasi pembersih RAM di perangkat Android yang cukup efektif digunakan, sebagaimana dilansir dari Fossbytes, Sabtu (21/11/2020).

1. SD Maid

Aplikasi ini digunakan untuk menghapus file sampah di Android secara mendalam. Aplikasi ini juga menawarkan penganalisis dan memberikan gambaran umum tentang penyimpanan perangkat.

2. Norton Clean

Aplikasi ini mampu menghapus file sampah secara akurat. Pembersih Android ini mencari file sisa yang ditinggalkan oleh aplikasi yang sudah dihapus, file cache, dan lainnya. Aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya serta aplikasi yang jarang digunakan juga dapat dihapus dengan Norton Clean.

3. CCleaner

Aplikasi ini menghapus sampah, membersihkan RAM ponsel, sehingga mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih. Selain fungsi pembersih, CCleaner juga mampu memantau penggunaan CPU dari berbagai aplikasi, RAM yang digunakan, hingga suhu perangkat.

Baca juga: Google Play Store Bermasalah, Ini Cara Ampuh Memperbaikinya 

4. Files by Google

Saat membersihkan sampah di perangkat, Files By Google akan merekomendasikan pengguna untuk menghapus meme yang sudah lama, foto, hingga aplikasi yang tidak digunakan. Salah satu keunggulannya mampu mengtransfer file offline yang cepat.

5. Go Speed

Tidak hanya file sampah, aplikasi ini dapat membersihkan proses latar belakang, menghentikan aplikasi yang berjalan diam-diam, dan menonaktifkan aplikasi otomatis yang tersembunyi. Artinya, aplikasi ini dapat membantu menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

6. Ace Cleaner

Aplikasi ini mampu membersihkan file sampah pada ponsel dan mengoptimalkan kinerja ponsel. Fitur unggulannya seperti Ace Clean, Ace Boost, Quiet Notification, Battery Saver, dan CPU Cooler.

7. AVG Cleaner

Selain membersihkan sampah, AVG Cleaner juga berfungsi sebagai pengelola file, penguat memori dan penganalisis foto cerdas yang menghapus foto yang berkualitas buruk atau duplikat.

Baca juga: 3 Cara Mudah dan Aman Backup Data di Perangkat Android 

8. Avast Clean Up & Boost

Avast dikenal sebagai penyedia antivirus sekaligus pembersih Android. Secara fitur, aplikasi ini mirip dengan AVG Cleaner yang memiliki penganalisis foto dan opsi menghibernasikan aplikasi. Fungsi lainnya seperti integarasi penyimpanan cloud dan pembersihan yang aman.

9. All-In-One Toolbox

Seperti namanya, aplikasi ini mampu menangani lebih dari sekedar membersihkan file sampah. All-In-One Toolbox memiliki lebih dari 30 alat untuk meningkatkan produktivitas ponsel.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini Sebenarnya Fungsi File APK di Perangkat Android 

10. Cleaner For Android

Aplikasi pembersih Android yang satu ini hadir dengan banyak fitur. Mulai dari menghapus cache, meningkatkan RAM, hingga manajer aplikasi yang tidak digunakan lagi. Ada juga fitur penghemat baterai Systweak yang dapat menutup aplikasi latar belakang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini