China Umumkan Pesawat Luar Angkasa Chang'e 5 Memasuki Orbit Bulan

Dini Listiyani, Jurnalis · Senin 30 November 2020 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 16 2318738 china-umumkan-pesawat-luar-angkasa-chang-e-5-memasuki-orbit-bulan-EtMaOdHr2d.jpg Pesawat luar angkasa Chang'e milik China memasuki orbit Bulan (Foto:Ist)

BEIJING - China mengumumkan bahwa pesawat luar angka Chang'e 5 telah memasuki orbit bulan. Pesawat luar angkasa berbobot 18.000 pound tersebut, diluncurkan pada Senin (23/11/2020) lalu.

Perjalanan dari orbit Bumi ke Bulan berlangsung selama 112 jam, dengan memasuki orbit di sekitar Bulan pada 28 November.

Badan antariksa China melaporkan, pengorbitan berhasil menembakkan mesin utamanya pada pukul 7.58 EST pada jarak 249 mil jauhnya dari Bulan. Pesawat luar angkasa itu menyalakan mesinnya selama sekitar 17 menit untuk mamasuki orbit Bulan, yang memungkinkannya cukup lambat ditangkap oleh gravitasi Bulan.

Baca Juga: Misi Paling Ambisius China, Kirim Pesawat Ruang Angkasa untuk Ambil Batu di Bulan

Jika misinya berhasil, China akan menjadi negara pertama yang berupaya mengembalikan sampel ke Bumi sejak 1976. Misi pengembalian sampel terakhir dilakukan oleh Uni Soviet dan dinamai Luna 24.

Baca Juga:  Pesawat Hayabusa 2 Akan Lakukan 10 Tahun Perjalanan Cari Sampel Batu Asteroid

Hanya Amerika Serikat dan Uni Soviet yang pernah berhasil mengembalikan sampel dari Bulan. Program Apollo AS mengembalikan ratusan pounds sampel dari berbagai misi, sebagaimana dikutip dari Slash Gears, Senin (30/11/2020).

Chang’e 5 bertujuan untuk membawa kembali sekitar dua kilogram batu, dan tanah dari daerah yang berbeda dari sampel yang dikumpulkan Rusia dan Amerika.

Saat Chang’e 5 melakukan perjalanan menuju Bulan, para penggemar radio dapat melacak pesawat luar angkasa dan berhasil memecahkan kode beberapa data yang dikirim kembali ke Bumi.

Menariknya, sebagian dari data yang telah diterjemahkan para penggemar ini menunjukkan video panel surya pesawat luar angkasa yang bersinar di bawah sinar Matahari. Sayangnya, tidak diketahui kapan China berencana. untuk mengirim surat ke permukaan Bulan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini