Menggunakan Wifi Gratis di Area Publik, Pelajari Tips Ini Agar Aman!

Riyandy Aristyo, Jurnalis · Senin 30 November 2020 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 16 2318845 menggunakan-wifi-gratis-di-area-publik-melajari-tips-ini-agar-aman-QpOvFhOaDP.jpg Salah satu falisitas wifi gratis (Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Saat ini, banyak fasilitas umum yang menyediakan wifi gratis. Namun, fasilitas wifi gratisan bukan ide yang baik, terutama untuk masalah privasi.

Dilansir Secpoint pada Senin (30/11/2020), serangan wifi publik yang paling umum adalah 'Man in the Middle (MitM)'. Artinya, seorang peretas yang menyetop komunikasi antara dua pihak, kemudian mencuri informasi pribadi korban yang dapat disalahgunakan peretas untuk keuntungan mereka.

Tak hanya itu, perangkat pintar yang digunakan juga rentan terkena virus di mana salah satu virus paling sering menyerang adalah Chameleon. Virus tersebut, mampu membuat perangkat smartphone maupun komputer cepat rusak.

Baca Juga:  MNC Peduli Gandeng Pemprov DKI dan APJATEL Sediakan Wifi Gratis di RPTRA Bahari

Terlalu sering memanfaatkan wifi gratis yang tidak diketahui sumbernya bisa menyebabkan akun media sosial pribadi dibajak, rentan pencurian data pribadi, hingga data perbankan yang rawan di hack.

Baca Juga: Anak Diberi Nama Provider Internet, Keluarga Dapat Gratis WiFi 18 Tahun

Untuk menghindari masalah di atas, berikut tips aman menggunakan wifi di area publik:

1. Jika memungkinkan, sebaiknya hindari menggunakan wifi gratisan saat berada di tempat umum. Lebih baik menggunakan fitur hotspot ponsel pribadi untuk koneksi ke internet.

2. Saat memakai wifi publik, hindari masuk ke layanan sensitif seperti aplikasi perbankan, email atau transaksi online.

3. Gunakan layanan keamanan dasar seperti antivirus dan pertimbangkan VPN.

(amr)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini