Ponsel Anda Hilang Dicuri, Ini Cara Mudah Menemukan Kembali

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 05 Desember 2020 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 05 16 2322177 ponsel-anda-hilang-dicuri-ini-cara-mudah-menemukan-kembali-rHJ6pa1F0T.jpg Ilustrasi Handphone (foto: reuters)

JAKARTAPonsel di era sekarang ini sudah menjadi barang yang melekat dengan kehidupan sehari-sehari penggunanya. Bila handphone Anda hilang dicuri, terjatuh atau lupa diletakan dimana, Okezone akan berbagi tips dan cara menemukannya kembali.

Jangan panik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melacak handphone yang hilang, khususnya di perangkat Android. Berikut ini cara tersebut, dilansir dari Cnet, Sabtu (5/12/2020).

Baca Juga:  9 Langkah Mematikan Update Windows 10, Apa Saja?

Baca Juga: Galaxy S20 Tactical Edition Akan Jadi Ponsel Taktis Perang

Fitur Temukan Perangkat saya

Cara pertama adalah menggunakan fitur Temukan Perangkat Saya. Dengan fitur ini, pengguna smartphone bisa melacak keberadaan perangkat miliknya, menguncinya, dan menghapus data-data yang tersimpan dari jauh.

Fitur Temukan Perangkat Saya bisa diaktifkan dengan masuk ke Pengaturan, lalu ke Keamanan & Lokasi, dan pilih Temukan Perangkat Saya. Tetapi jika perangkat yang hilang tidak memiliki opsi Keamanan & Lokasi, bisa dengan membuka Google, masuk ke opsi Keamanan, lalu pilih Temukan Perangkat Saya. Jangan lupa untuk memastikan fitur Temukan Perangkat Saya dalam keadaan aktif.

Find My Mobile

Khusus perangkat Samsung, selain menggunakan layanan dari Google, bisa juga menggunakan fitur Find My Mobile yang tersedia di perangkat asal Korea Selatan itu. Fitur ini bisa menjadi opsi cadangan yang dapat digunakan untuk melacak ponsel yang hilang

Melalui layanan di Samsung ini, pengguna bisa melakukan hal-hal seperti memaksa cadangan jarak jauh. Atau melihat apakah seseorang telah menukar kartu SIM yang digunakan pada perangkat. Hal ini tentu sangat berguna bila ponsel tersebut hilang karena dicuri.

Cara menggunakannya cukup mudah, masuk Pengaturan, lalu buka Biometrik dan keamanan. Lalu pastikan Find My Mobile diaktifkan. Jika masuk ke akun Samsung selama penyiapan perangkat awal, Find My Mobile seharusnya sudah diaktifkan otomatis.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini