Share

Facebook Segera Hapus Informasi Palsu Tentang Vaksin Covid-19

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Minggu 06 Desember 2020 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 06 16 2322619 facebook-segera-hapus-informasi-palsu-tentang-vaksin-covid-19-yyn6DRERyw.jpg Facebook (Foto:Dok Okezone)

CALIFORNIA - Facebook mengatakan akan mulai menghapus klaim palsu tentang vaksin Covid-19, sebagai langkah untuk mencegah menyebarnya informasi yang salah terkait vaksin.

Kebijakan sebelumnya melibatkan penghapusan postingan informasi palsu terkait virus yang dapat menyebabkan “kerusakan fisik dalam waktu dekat”. Kemudian, Facebook sekarang memperluas kebijakannya untuk memposting informasi tentang vaksin, dan menampilkan klaim “yang telah dibantah oleh pakar kesehatan masyarakat”.

Dilansir dari The Verge, kebijakan ini termasuk memberantas teori konspirasi seperti vaksin yang mengandung microchip dan klaim palsu tentang keamanan, kemanjuran, kandungan, atau efek samping vaksin.

Baca Juga: 20 Januari, Twitter dan Facebook Akan Serahkan Akun POTUS kepada Biden

Fakta tentang vaksin virus Corona terus berkembang. Klaim yang masuk daftar penghapusan akan diperbarui secara berkala, menyusul semakin banyaknya informasi yang salah seputar vaksin Covid-19.

Baca Juga: Facebook Terancam Dituntut Terkait Akuisisi Instagram dan WhatsApp

Seruan anti-vaksinasi bisa saja muncul di grup Facebook pribadi yang lebih kecil. Informasi ratusan kelompok kecil, justru lebih sulit dipantau dibandingkan dengan kelompok yang besar.

Orang-orang di dalamnya dapat menyebarkan pesan anti-vaksinasi ke kelompok lainnya. Para ahli khawatir penyebaran informasi yang salah dapat membuat orang ragu untuk mendapatkan vaksin. Hal inilah yang coba diperangi oleh Facebook.

Beberapa platform juga sedang memerangi informasi palsu tentang Covid-19. Selain Facebook, YouTube sejak Oktober lalu juga mulai menghapus video yang mengandung informasi salah terkait pandemi virus Corona.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini