Tidak Aktif Selama 2 Tahun, Google Akan Hapus Semua Konten Pengguna

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 16 2322926 tidak-aktif-selama-2-tahun-google-akan-hapus-semua-konten-pengguna-75vxM7QmBi.jpg Google (Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Google mengumumkan mengubah kebijakan penyimpanan baru untuk akun Google yang menggunakan Gmail, Google Drive, dan atau Google Photos.

"Kebijakan baru ini, sesuai dengan praktik industri yang berlaku. Kami ingin menyampaikan kebijakan baru ini, sebelum pemberlakuannya," tulis Google melalui email yang diterima oleh pengguna Gmail.

Dalam kebijakan barunya yang berlaku mulai 1 Juni 2021 ini, Google menegaskan jika pengguna akun Google tidak aktif selama 2 tahun di Gmail, Drive, atau Foto, maka pihak Google dapat menghapus konten dalam produk yang tidak digunakan.

Baca Juga: Update Google Message Hadirkan End-to-End Encryption

Namun, pelanggan Google One yang tidak melebihi kuota penyimpanannya dan dianggap memiliki reputasi baik, tidak akan terpengaruh oleh kebijakan baru terkait akun tidak aktif ini.

"Jika Anda melebihi batas penyimpanan selama 2 tahun, kami dapat menghapus konten Anda di Gmail, Drive, dan Foto," tambah Google.

Baca Juga: Google Assistant Hadirkan Fitur Anak Lacak Posisi Orangtuanya

Meskipun kebijakan ini berlaku mulai 1 Juni 2021, penerapannya akan dimulai paling cepat 1 Juni 2023. Setelah 1 Juni 2021, jika pengguna tidak aktif atau melebihi batas penyimpanan, Google akan terlebih dahulu mengirimkan peringatan melalui email dan notifikasi sebelum menghapus semua konten.

"Meskipun Anda tidak aktif atau melebihi batas penyimpanan untuk satu atau beberapa layanan ini dan konten dihapus, Anda tetap dapat login," kata Google.

Pengguna akun Google yang tidak aktif selama 2 tahun di Gmail, Drive, atau Foto, maka pihak Google dapat menghapus konten dalam produk yang tidak digunakan.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini