Ravn X, Pesawat Tanpa Awak Terbesar Dunia untuk Luncurkan Satelit

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 16 2322962 ravn-x-pesawat-tanpa-awak-terbesar-dunia-untuk-luncurkan-satelit-Lr5ZwxZcgS.jpg Ravn X, pesawat tanpa awak. (Foto: IFL Science)

JAKARTA - Ravn X sebuah Sistem Pesawat Tanpa Awak (UAS) terbesar di dunia diresmikan oleh perusahaan rintisan peluncuran roket swasta. Pesawat tanpa awak ini, untuk membawa roket bermuatan satelit ke atmosfer yang diluncurkan ke orbit rendah Bumi.

Ravn X bertenaga jet memiliki berat hampir 28 ton, dirancang untuk mampu meluncurkan satelit ke luar angkasa setiap 180 menit.

Pesawat dilengkapi saayap dengan lebar 18,3 meter, tinggi 5,5 meter, dan bahan bakar yang sama seperti jet standar.

Baca Juga: Gunakan Drone, Cara Unik Penggembala Sapi Kumpulkan Ternak

Dilansir dari IFLS Science pada Senin (7/12/2020), Ravn X akan melepaskan muatan bertenaga roket setelah mencapai zona penurunan yang ditentukan. Kemudian, dia akan mendarat di landasan pacu dan kembali ke gantungan yang dilakukan secara mandiri.

Baca Juga: Indonesia Kembangkan Pesawat Drone, Bisa Terbang 24 Jam

Setelah debutnya 3 Desember lalu, Ravn X akan segera mengirimkan muatan pertamanya dalam waktu dekat. Dia akan membawa ASLON-45, misi peluncuran kecil formal pertama yang dikontrak oleh Angkatan Luar Angkasa AS. Ravn X akan menyelesaikan pengiriman pertamanya pada Q3 2021.

Ravn X merupakan bagian dari program baru Aevum untuk peluncuran satelit yang disebut Autonomous Launch. Teknologi ini melibatkan beberapa sistem cerdas swakelola, mulai dari menghitung kondisi cuaca hingga piloting kendaraan yang tidak berawak.

 

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini