Fenomena Langit Langka Ratusan Tahun Lalu Akan Terlihat Akhir Desember Ini

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 16 2323808 fenomena-langit-langka-ratusan-tahun-lalu-akan-terlihat-akhir-desember-ini-AZctoYQdI7.jpg Fenomena langit langka akan terjadi akhir Desember ini. (Foto: FoxNews)

JAKARTA - Fenomena langit langka akan terlihat pada akhir Desember 2020, yang belum pernah terjadi sejak hampir 800 tahun yang lalu. Dua planet besar di Tata Surya, Jupiter dan Saturnus, akan membentuk apa yang disebut sebagai planet ganda. Peristiwa langka ini dijuluki sebagai “Bintang Natal”.

Kejadian langka ini, akan terjadi setelah matahari terbenam pada tanggal 21 Desember 2020 tepat pada awal titik balik matahari musim dingin.

Baca Juga: Fenomena Matahari Cincin di Langit Jatim, Begini Penjelasan BMKG

“Kemiringan antara dua planet ini agak jarang, terjadi sekali setiap 20 tahun atau lebih. Tetapi hubungan ini sangat jarang terjadi karena seberapa dekat planet akan tampak satu sama lain. Anda harus pergi jauh-jauh sebelum fajar pada tanggal 4 Maret 1226 untuk melihat kesejajaran yang lebih dekat antara objek ini pada langit malam,” kata astronom Universitas Rice, Patrick Hartigan dilansir FoxNews, Selasa (8/12/2020).

Baca Juga: Fenomena Apogee, ketika Bulan Berada di Titik Terjauh dari Bumi

Hartigan menjelaskan kedua planet ini akan terpisah kurang dari bulan purnama antara 16 hingga 25 Desember. Pada malam terdekat 21 Desember, mereka akan terlihat seperti planet ganda dan hanya dipisahkan seperlima diameter bulan purnama.

Peristiwa angkasa ini dapat diamati di lokasi manapun di Bumi. Namun, menurut Hartigan, semakin jauh seseorang ke utara maka semakin sedikit waktu yang mereka miliki untuk melihat sekilas.

Kedua planet diprediksi tidak akan sedekat ini lagi hingga 15 Maret 2080 dan beberapa saat setelah tahun 2400.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini