Mesin Enkripsi Masa Perang Dunia II Ditemukan di Laut Baltik

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 16 2323820 mesin-enkripsi-masa-perang-dunia-ii-ditemukan-di-laut-baltik-9LNd4alAt2.jpg Para penyelam menemukan mesin enskripsi Enigma peninggalan Nazi. (Foto:Science Alert)

JAKARTA - Penyelam Jerman menemukan sebuah mesin enkripsi Enigma dari Laut Baltik. Benda ini, diduga digunakan Nazi untuk mengirim pesan berkode selama masa Perang Dunia II.

Mesin kode legendaris itu, ditemukan saat pencarian jaring ikan yang ditinggalkan di Bay of Gelting, timur laut Jerman. “Seorang rekan berenang dan berkata ada jaring di sana dengan mesin tik tua di dalamnya,” kata penyelam utama, Florian Huber.

Tim kemudian menyadari bahwa mereka telah menemukan artefak bersejarah, dan segera memberitahu pihak berwenang.

Baca Juga:  Melihat Museum Pribadi di Makkah yang Berisi 1.000 Artefak Berusia 800 Tahun

Kepala kantor arkeolog negara bagian di wilayah Schleswig-Holstein Jerman, Ulf Ickerodt mengatakan, mesin akan segera dipulihkan oleh para ahli di museum arkeologi negara bagian. Prosesnya memakan waktu sekitar satu tahun, karena proses desalinasi menyeluruh setelah tujuh dekade di dasar Laut Baltik.

Baca Juga: AS Kembalikan 200 Artefak Bersejarah Senilai Rp1.3 Triliun ke India

Dilansir dari Science Alert pada Selasa (8/12/2020), sejarawan angkatan laut Jann Witt mengatakan, kepada DPA bahwa dia yakin mesin tersebut memiliki tiga rotor yang terlempar dari kapal perang Jerman pada hari-hari terakhir perang.

Dia juga menduga kecil kemungkinannya benda itu berasal dari kapal selam yang tenggelam. Asumsinya semakin diperkuat karena U-Boat Adolf Hitler menggunakan mesin Enigma empat rotor yang lebih kompleks.

Pasukan Sekutu pada zaman itu terus mendekripsikan kode yang dihasilkan oleh mesin Enigma yang diubah setiap 24 jam. Terobosan ini membantu Sekutu menguraikan pesan radio penting tentang gerakan militer Jerman.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini