Hayabusa 2 Angkut Sampel Asteroid Ryugu Dibawa ke Labolatorium di Jepang

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Rabu 09 Desember 2020 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 09 16 2324591 hayabusa-2-angkut-sampel-asteroid-ryugu-dibawa-ke-labolatorium-di-jepang-prFLmaSiHw.jpg Kapsul Hayabusa 2 saat bersiap menuju Bumi. (Foto: Ist)

TOKYO - Kapsul Hayabusa 2 yang mengangkut sample asteroid Ryugu, mendarat di Bumi beberapa hari lalu. Badan Eksplorasi Antariksa Jepang atau Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), dilaporkan telah membawa sampel tersebut ke sebuah labolatorium di dekat Tokyo pada Selasa (8/12/2020). Hayabusa 2 telah menempuh perjalanan lebih dari lima kilometer di luar angkasa.

Sebelumnya, melansir dari NHK pada Rabu (9/12/2020), Kepala Institut Sains Antariksa dan Astronautika Jepang, Kuninaka Hitoshi mengatakan, pihaknya sempat mempertimbangkan untuk menunda pendaratan Habayusa 2 karena pandemi Covid-19.

Kini setelah berhasil mendaratkan kapsul tersebut di Bumi, pihaknya berharap bisa menganalisa sampel pasir yang dibawa Hayabusa 2 secara menyeluruh, agar bisa mendapatkan sebanyak mungkin nilai ilmiah.

Baca Juga: Pesawat Hayabusa 2 Akan Lakukan 10 Tahun Perjalanan Cari Sampel Batu Asteroid

Berdasarkan sampel pasir asteroid Ryugu itu, peneliti yakin hasil analisanya dapat memberikan petunjuk dari awal kehidupan. Rencanannya, analisis akan dimulai pada Juni 2021.

Baca Juga: Hayabusa2 Angkut Sampel Asteroid Ryugu ke Bumi Akhir 2020

Hayabusa 2 merupakan kapsul yang menjalani misi lanjutan yang diusulkan oleh JAXA. Misinya adalah memperkuat titik lemah dari misi-misi sebelumnya.

Hayabusa 2 memiliki teknologi lebih canggih dibanding dengan misi Hayabusa sebelumnya. Selain dilengkapi dengan teknologi peledak SCI (Small Carry-on Impactor), juga dibekali 1 robot pendarat dan 3 robot penjelajah.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini