Google Ciptakan Aplikasi Penelitian Kesehatan

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Kamis 10 Desember 2020 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 10 16 2324984 google-ciptakan-aplikasi-penelitian-kesehatan-ujA5rOJpJp.jpg Google membuat aplikasi penelitian kesehatan.(Foto:TheVerge

JAKARTA - Google mengatakan, pihaknya akan meluncurkan aplikasi penelitian kesehatan untuk perangkat Android. Aplikasi tersebut memungkinkan siapa saja berpartisipasi dalam studi medis. Google Health Studies akan meneliti penyakit pernapasan seperti flu dan Covid-19.

Mereka yang terlibat dalam penelitian akan melaporkan melalui aplikasi tentang berbagai tindakan pencegahan, gejala, hingga konfirmasi telah uji Corona atau flu.

Aplikasi ini akan mengumpulkan data demografis seperti jenis kelamin, usia, dan ras.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Hand Sanitiser dan Ayam Ala KFC Menjadi Pertanyaan Paling Banyak Dicari di Google

“Peneliti dalam studi ini dapat memeriksa tren untuk memahami hubungan antara mobilitas dan penyebaran Covid-19,” tulis Google dalam siaran pers dilansir The Verge, Kamis (10/12/2020).

Baca Juga: Update Google Message Hadirkan End-to-End Encryption

Dengan memanfaatkan teknik pembelajaran federasi, aplikasi akan mengumpulkan tren gabungan dari beberapa perangkat.

Data gabungan seperti ini sangat menjaga privasi namun peneliti tidak dapat melihat informasi secara terperinci.

Aplikasi ini dibuat sebagai respon Google terhadap aplikasi Riset Apple yang berjalan di perangkat iOS. Mereka sebelumnya telah meluncurkan studi tentang siklus menstruasi, mobilitas kesehatan jantung, serta pendengaran.

“Android mungkin mewakili kumpulan data yang lebih beragam (daripada iPhone). Kami sangat senang dengan kemampuan untuk memanfaatkannya,” kata Kepala Bagian Inovasi Rumah Sakit Anak Boston, John Brownstein.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini