Gmail Bisa Edit Dokumen Langsung Melalui Lampiran

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 16 2325754 gmail-bisa-edit-dokumen-langsung-melalui-lampiran-NUjdJzDwoP.jpg Gmail bisa edit langsung melalui lampiran.(Foto:TheVerge)

JAKARTA - Google semakin mempermudah pengguna dalam mengirim surat elektronik. Gmail mendapatkan sebuah pembaruan yang memungkinkan pengirim surat mengedit langsung dokumen file Office melalui lampiran (attachments).

Google Workspace atau G Suite yang mencakup Google Dokumen, Spreadsheet, Slide, Meet, dan Kalender telah kompatibel file Office seperti Word, Power Point, dan Excel.

Namun, sebelumnya file harus diimpor terlebih dahulu ke Drive jika ingin memngeditnya. Sementara itu, file yang dikirim melalui lampiran Gmail hanya dapat dilihat tanpa bisa diedit.

Masalah tersebut sekarang dapat dilakukan dengan mudah dengan pembaruan dari Google. Dilansir dari The Verge pada Jumat (11/12/2020), pengguna dapat membuka dan mengedit langsung file Office menggunakan editor Google Dokumen dengan cara mengkliknya.

Baca Juga: Paksa Facebook dan Google Bayar Konten dari Media Berita, Ini Sanksinya jika Melanggar

Ini akan sama halnya dengan mengedit dokumen asli seperti biasa. File yang diedit tidak akan dikonversi menjadi Google Dokumen, melainkan tetap mempertahankan format aslinya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Hand Sanitiser dan Ayam Ala KFC Menjadi Pertanyaan Paling Banyak Dicari di Google

Google juga bekerja untuk membantu memastikan bahwa file Office bekerja lebih lancar di Google Dokumen. Pihak perusahaan meluncurkan add-on Pengonversi Makro baru yang dirancang untuk membantu mengimpor makro dari Excel ke Spreadsheet.

Google saat ini sedang bekerja menambahkan orientasi dokumen dan dukungan gambar yang lebih baik ke Google Docs. Hal ini memungkinkan akses bagi dokumen yang berorientasi horizontal dan vertikal bersama dengan gambar ditempatkan di belakang teks dan tanda milik (watermarks).

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini