Tulang Anak Manusia Purba Ini Ditemukan Terkubur 41.000 Tahun Lalu

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Minggu 13 Desember 2020 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 13 16 2326749 tulang-anak-manusia-purba-ini-ditemukan-terkubur-41-000-tahun-lalu-TserIkHfxW.png Situs arkeologi La Ferrassie.

ILMUWAN menemukan fakta baru tentang tulang manusia purba yang umurnya baru dua tahun. Tidak jelas apakah itu laki-laki atau perempuan, namun diperkirakan manusia purba ini hidup sekitar 41.000 tahun yang lalu. Jenazah anak ini ternyata sengaja disimpan di bawah lapisan sedimen yang sudah digali.

Tulang anak ini ditemukan di situs arkeologi terkenal di barat daya Prancis, tepatnya La Ferrassie. Sisa-sisa beberapa Neanderthal sudah ditemukan di sana, termasuk tulang anak itu yang disebut La Ferrassie 8.

(Baca juga: Penemuan Tulang Belulang dengan Pakaian Dalam Wanita Gegerkan Warga) 

Ketika sisa pubakala ini ditemukan, para peneliti berasumsi bahwa itu sengaja dikuburkan. Neanderthal meletakkan kerabat mereka yang telah meninggal untuk beristirahat di bawah Bumi. Namun beberapa keraguan muncul apakah upacara penguburan ini adalah sebuah kebiasaan unik Homo sapien.

Tim peneliti dari (CNRS) dan salah satu museum di Prancis telah melakukan evaluasi ulang menyeluruh terhadap temuan La Ferrassie 8. Fosil ini telah berada di museum selama 50 tahun sejak penemuannya antara 1970 hingga 1973 silam.

Dilansir dari Science Alert, Jumat (11/12/2020), para peneliti meninjau buku catatan dan buku harian lapangan yang digunakan oleh tim penggali asli serta menganalisis tulang La Ferrassie 8.

(Baca juga: Ditemukan Objek Mirip Tulang Manusia di Mars, Ini Penjelasan NASA)

Mereka juga melakukan penggalian dan analisis baru di situs tempat jenazah anak itu ditemukan. Hasil dari penelitian mereka mengungkapkan bahwa anak tersebut memang dikuburkan.

“Hasil kami menunjukkan bahwa LF8 mengganggu lapisan sedimen yang lebih tua (dan secara arkeologis steril). Kami menyimpulkan bahwa Neanderthal dengan sengaja menggali lubang di sedimen steril tempat anak itu dibaringkan,” kata para peneliti.

https://www.sciencealert.com/ancient-neanderthal-mystery-solved-by-a-child-s-bones-from-40-000-years-ago

 

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini