Jaringan Rute Superhighway Ditemukan, Misi Luar Angkasa Masa Depan Tak Akan Lama

Dini Listiyani, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 16 2327215 jaringan-rute-superhighway-ditemukan-misi-luar-angkasa-masa-depan-tak-akan-lama-bh6AnnmP0r.jpg Misi luar angkasa masa depan bakal lebih cepat.(Foto:Dok Okezone)

SAN FRANCISCO - Para peneliti berhasil menemukan jaringan rute superhighway yang memungkinkan pesawat luar angkasa bergerak ke luar dengan kecepatan lebih. Artinya, misi luar angkasa di masa depan tidak akan memakan waktu lama.

Peneliti telah menemukan Asteroid di dekat Jupiter, misalnya, dapat mencapai jarak Neptunus dalam waktu kurang dari 10 tahun dan 100AU dalam 100 tahun. Pesawat luar angkasa secara teoritis akan lebih cepat.

Dilansir dari Engadget pada Senin (14/12/2020), para ilmuwan menemukan rute tersebut dengan menghitung bagaimana jutaan orbit Tata Surya masuk ke dalam lipatan luar angkasa yang diketahui atau struktur lengkung yang membentang dari sabut asteroid.

Baca Juga: Seragam Canggih Virgin Galactic untuk Keluar Angkasa, Beratnya 1 Kg

Pendekatan ini secara signifikan dapat memangkas waktu yang dibutuhkan untuk mengunjungi bagian luar Tata Surya. Ini juga menghasilkan perjalanan yang lebih efisien dengan mengurangi jumlah energi yang diperlukan untuk bergerak maju.

Baca Juga: Studi Ungkap Risiko Kesehatan Perjalanan Manusia ke Luar Angkasa

Temuan ini dapat digunakan untuk mempelajari objek di dekat Bumi yang mungkin mengancam planet ini.

Anda tidak akan mengunjungi jangkauan terjauh dari sistem dalam waktu dekat. Tapi, metode baru ini dapat membantu umat manusia menjelajahi lingkungan kosmik tanpa membuang-buang waktu bertahun-tahun dalam setiap perjalanan misinya.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini