Perhatikan 8 Hal Ini, Jika Ponsel Tidak Dapat Menyala

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 16 2327527 perhatikan-8-hal-ini-jika-ponsel-tidak-dapat-menyala-g1ru5toSGn.jpg Ponsel sering tidak menyala, perhatikan 8 hal ini.(Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Ponsel hampir tidak dapat terlepas dari kehidupan manusia saat ini. Namun terkadang ketika digunakan, ponsel seringkali mengalami masalah tertentu. yang sering terjadi ketika ponsel tidak dapat menyala atau mendadak mati.

Penyebab masalah ini bermacama-macam, mulai dari baterai hingga sistem ponsel. Dilansir dari Next Pit Selasa (15/12/2020), ada 8 hal yang perlu diperhatikan jika ponsel mati dan tidak dapat menyala:

1.Pengisi daya tidak terpasang secara benar

Terkesan konyol, namun hal ini sangat penting dan sering diabaikan. Terkadang jika ponsel digunakan dalam jangka waktu lama, bisa menguras baterai sampai mati total.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19 dengan Rajin Bersihkan Smartphone

Jika hal ini terjadi, coba segera isi daya dan pastikan charger baterai terpasang dengan benar. Jika pengisian daya benar, maka butuh waktu beberapa menit sebelum ponsel menyala kembali.

2. Ponsel sudah menyala namun tampilan tidak berfungsi

Terkadang kasus seperti ini terjadi ketika ponsel sudah menyala namun tidak ada tampilannya. Untuk mengatasi ini dengan cara menekan dan tahan tombol daya untuk menonaktifkannya secara paksa, setelah itu nyalakan kembali sampai ada bunyi boot atau getaran.

Baca Juga: Kebiasaan yang Sebabkan Ponsel Cepat Rusak, Jangan Dilakukan Ya

3. Ponsel jatuh atau masuk air

Ini adalah salah satu alasan paling umum jika ponsel tidak bisa menyala. Jika memaksa untuk menghidupkannya setelah kemasukan air, ponsel berkemungkinan akan korslet. Cara terbaiknya adalah membawa ponsel untuk diperbaiki karena kemungkinan ada kerusakan pada perangkat keras dan layarnya.

4. Ponsel mengalami bug sebelum akhirnya mati total

Ponsel terkadang menunjukkan beberapa keanehan seperti crash, restrart atau hal lainnya sebelum mati total. Jika ini terjadi, kemungkinan masalahnya hanya pada perangkat lunak yang dapat diperbaiki dengan mengganti firmware.

Baca Juga: Perhatikan Ini saat Bersihkan Ponsel Cegah Penularan Covid-19

5. Baterai kembung atau bocor

Alasan lain yang menyebabkan ponsel tidak dapat menyala karena baterai kembung atau bocor. Jika penutup baterai dapat dilepas, periksa apakah ada kerusakan tonjolan atau kebocoran. Baterai yang bermasalah dapat diganti dan buang secara aman.

6. Pengisi daya atau kabel rusak

Ada kalanya ponsel tidak dapat menyala karena kabel pengisi daya rusak, adaptor, dan stopkontak yang bermasalah. Jadi, pastikan untuk mencoba pengisian daya dengan kabel, adaptor, dan stopkontak yang berbeda.

7. Ponsel hanya menampilkan logo

Ada istilah yang disebut boot loop, ketika ponsel menyala namun tidak dapat melewati layar boot. Biasanya ini terjadi ketika ponsel mencoba memulai ulang (restart) tetapi macet pada layar logo ponsel. Jika ponsel diperbarui ke versi terbaru Android atau mengisi ROM khusus itu mungkin menjadi solusi sederhana seperti memasuki Pemulihan (Recovery) dan menghapus partisi cache, atau penghapusan data/reset pabrik.

8. Gunakan komputer untuk memaksa ponsel menyala

Jika ponsel tetap tidak dapat menyala, gunakan Personal Computer (PC) untuk membantu menyalakannya. Mulai dengan menghubunkan ponsel cerdas ke komputer melalui kabel USB. Biarkan ponsel terisi selama 15 hingga 20 menit.

Baca Juga: Ponsel Mendadak Lemot, Terapkan 3 Solusi Mudah Ini

Setelah itu, lepaskan kabel dari ponsel, namun jangan melepasnya dari komputer dan pasang kembali 10 detik setelah melepasnya. Biarkan ponsel terisi daya setidaknya 30 menit lagi. Kemudian tekan dan tahan tombol daya selama 5 detik dan pilih restart, terus tekan tombol power selama 30 detik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini