Ikan Terbang hanya Mampu Meluncur di Atas Permukaan Laut, Bukan Terbang

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 16 2327533 ikan-terbang-hanya-mampu-meluncur-di-atas-permukaan-laut-bukan-terbang-AdCFnbeI2Y.jpg Ikan terbang.(Foto:Ist)

JAKARTA - Lautan menyimpan begitu banyak spesies unik, salah satunya yang dikenal dengan sebutan ikan terbang.

Ikan ini dapat melompat dan melonjak puluhan meter selama 45 detik, sebelum kembali ke dalam laut. Namun, ikan ini sejatinya tidak benar-benar terbang seperti yang banyak orang kira.

Penting diketahui, secara garis besar ikan terbang ada yang memiliki “sayap dua” dan “sayap empat”. Ikan terbang sayap dua memiliki dua sirip dada besar yang mencakup sebagian permukaan “angkat” terbang.

Kemudian ikan terbang sayap empat juga memiliki dua sirip perut yang membesar di samping dua sirip dada yang panjang.

Baca Juga: Hantu dari Laut Dalam Terungkap lewat Ekspedisi di Palung Mariana

Dilansir dari Live Science, ikan terbang sebenarnya hanya meluncur, bukan terbang. Ikan ini mampu membumbung di atas permukaan air dengan sangat cepat.

Baca Juga: Ditemukan Spesies Baru Ikan 'Aneh' di Samudera Pasifik

Para ilmuwan selama beberapa dekade, meneliti apakah ikan terbang menggunakan mendorong dirinya sendiri dengan mengepakkan sirip dada atau ada metode penggerak yang unik.

Pada tahun 1941, para ilmuwan mempublikasikan foto ikan terbang berkecepatan tinggi yang sedang beraksi. Foto ini menunjukkan ikan terbang melompat keluar dari air dan meluncur, sebelum mendorong dirinya kembali ke udara.

Ikan terbang berenang ke permukaan dengan kecepatan sekitar 1 meter per detik, memukuli ekornya dan menahan sirip dada mereka erat-erat di tubuhnya. Ketika ikan ini melompat dari dalam air, mereka menyebarkan sirip yang membesar dan kemudian meluncur.

Menurut Guinness World Records, luncuran ikan terbang paling lama yang pernah tercatat adalah 45 detik dengan kecepatan diperkirakan 30 km per jam.

Baca Juga: Wow! Ilmuwan Temukan Spesies Ikan Raksasa

Sementara ulasan Davenport tahun 1994 mengungkapkan rekor penerbangan terjauh dari ikan terbang tercatat sekitar 1.312 kaki (400 m).

Seorang ahli biologi, Frank Fish mengatkaan bahwa kkan terbang mampu mencapai ketinggian hingga delapan meter di atas permukaan dan dapat meluncur 12 kali secara berturut-turut.

Namun, ikan ini tidak dapat terbang di bawah suhu 20 derajat Celcius. Ini dikarenakan suhu dingin dapat menghalangi fungsi ototnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini