Ini Penyebab Kegagalan Memutar File Video di Android

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 16 2327876 ini-penyebab-kegagalan-memutar-file-video-di-android-bC1W6EAS11.jpg Buka Video di Ponsel Android (foto: Unsplash)

JAKARTA - Hampir setiap orang pernah mengunduh video langsung dari ponsel Android miliknya. Namun, ketika mencoba memutar video, pesan kesalahan umum “tidak dapat membuka file” atau “format video tidak didukung” kerap muncul di layar ponsel. Hal ini berarti pengguna tidak dapat melanjutkan untuk memainkan video tersebut.

Sebenarnya, masalah ini terjadi karena codec dan container. Codec sendiri adalah singkatan dari coder-decoder yang berupa metode coding dan decoding data. Bisanya codec bertugas mengompresi sekumpulan data (audio atau video) untuk penyimpanan, kemudian mendekompresi untuk pemutaran atau penayangan.

 Baca Juga: Ponsel Android Lemot, Ini 6 Cara Mengatasinya!

Dilansir dari Nex Pit, Selasa (15/12/2020), berbeda dengan codec, container justru juga disebut sebagai format file. Ini menangani pengemasan, pengangkutan, dan presentasi (codec menyiapkan file untuk tindakan ini). Container akan menangani sinkronisasi audio dan video. Secara sederhana, file ABC.mp4, maka MP4 adalah container dari file tersebut.

Kebanyakan dalam beberapa kasus, kesalahan saat memutar video di Android karena codec file tidak didukung oleh pemutar video yang digunakan. Faktanya, container mungkin dapat berisi beberapa codec yang mungkin tidak didukung oleh ponsel.

 Baca Juga: YouTube dan Gmail Down! Ada Apa Ini?

Solusi paling mudah untuk mengatasi masalah ini dengan cara menggunakan pemutar video baru. Pemutar video Android bisa diunduh melalui Google Play Store. Aplikasi seperti VLC for Android dan MX Player sudah mencakup semua jenis codec dan mendukung berbagai format.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini