Layanan Youtube dan Gmail Down, Google Minta Maaf

Dini Listiyani, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 16 2327886

JAKARTA - Aplikasi YouTube dan juga Gmail, Senin (4/12/2020) malam mengalami gangguan atau down. Publik maya pun heboh dengan kejadian tersebut, sekira 30 menit down. Google pun angkat bicara alasan di balik gangguan yang dialami hampir seluruh layanan mereka.

Google menuturkan gangguan yang dialami hampir seluruh layanannya bukan dikarenakan serangan siber. Gangguan yang berlangsung hampir 45 menit tersebut disebabkan masalah kuota penyimpanan internal.

 Baca Juga: Mesin Pencari Raksasa Google Down, Berikut Reaksi Netizen Dunia

“Layanan yang mengharuskan pengguna untuk masuk mengalami tingkat kesalahan yang tinggi selama periode ini," kata juru bicara Google seperti dikutip dari Cnet, Selasa (15/12/2020. Gangguan di hampir seluruh layanan Google telah pulih. Terkait gangguan yang dialami seluruh pengguna di seluruh dunia, Google pun meminta maaf dan memastikan masalah tak akan terulang kembali.

“Kami meminta maaf kepada semua orang yang terkena dampak, dan kami akan melakukan peninjauan lanjutan yang menyeluruh untuk memastikan masalah ini tidak terulang kembali di masa mendatang," ujar pernyataan Google.

Kejadian down-nya layanan Google memicu keluhan dari pengguna di seluruh dunia bahwa mereka tidak dapat mengakses layanan seperti email dan YouTube. Gangguan layanan tersebut tampaknya memengaruhi Gmail, YouTube, Google Drive, Google Hangouts, dan Google Meet.

Tagar #GoogleDown dan#YouTubeDown pun menggema di Twitter, dengan orang-orang mengeluh karena tidak dapat melakukan pekerjaan, menyelesaikan tugas, atau menyelesaikan deadline penting.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini