Exoplanet Ini Beri Petunjuk Keberadaan Planet Kesembilan

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 16 2329217 exoplanet-ini-beri-petunjuk-keberadaan-planet-kesembilan-b1XSBqeBVD.jpg Exoplanet beri petunjuk keberadaan planet kesembilan. (Foto: Foxnews.com)

PARA ilmuwan sampai saat ini masih belum menemukan Planet 9. Namun, sebuah planet ekstrasurya yang ditemukan di luar angkasa tampaknya telah memberikan bukti dan petunjuk lebih lanjut bahwa benda langit misterius itu memang ada.

Exoplanet bernama HD 106906 b berjarak 336 cahaya dari Bumi. Planet ini memiliki orbit aneh di sekitar pasangan bintang induknya yang berputar sekali 15.000 tahun.

Sebenarnya, planet berukuran 11 kali Jupiter ini sudah ditemukan sejak 2013 silam. Namun, baru-baru ini pengukuran dari Telescope Luar Angkasa Hubble memberikan gambaran bahwa planet ini memanjang 730 kali jarak antara Bumi dan Matahari. Fakta lainnya bahwa planet ini memiliki orbit miring, tidak seperti planet lain yang dikenal di Tata Surya.

 (Baca juga: Fenomena Suara Aneh 'Hum' Terjadi Pertama Kali pada 1960)

“Aneh jika, katakanlah, Jupiter kebetulan memiliki kemiringan 30 derajat terhadap bidang tempat setiap planet lain mengorbit. Ini menimbulkan berbagai pertanyaan bagaimana HD 106906 b berakhir begitu jauh pada orbit yang miring seperti itu,” kata penulis utama studi, Meiji Nguyen.

Dilansir dari Fox News, Kamis (17/12/2020), para peneliti yakin bahwa HD 106906 b terbentuk cukup dekat dengan bintang induk. Namun seiring berjalannya waktu, ada hambatan yang menyebabkan orbit rusak.

Bukannya menabrak bintang sebagaimana harusnya, gravitasi dua bintang justru mendorongnya keluar dari sistem. Kemudian, ada bintang lain yang lewat di dekatnya menghasillkan orbit yang jauh dan memanjang.

Para peneliti juga percaya bahwa skenario serupa mungkin terjadi pada Planet 9 di masa awal terbentuknya Tata Surya. Gravitasi Jupiter mendorongnya ke tepi dan bertemu dengan bintang asing lain. HD 106906 b masih akan terus dipelajari untuk melihat informasi tambahan lainnya yang mungkin berkaitan dengan Planet 9.

(Baca juga: Peneliti Sebut 300 Juta Planet di Galaksi Bima Sakti Berpotensi Dihuni)

“Ini menunjukkan jika sebuah planet memang bertanggung jawab atas apa yang kita amati pada orbit objek trans-Neptunus, ia seharusnya memiliki orbit eksentrik yang cenderung relatif terhadap bidang Tata Surya. Prediksi orbit Planet Sembilan ini mirip dengan yang kita lihat pada HD 106906b,” kata rekan penulis studi, Robert De Rosa.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini