Kenali Penyebab Smartphone Anda Lemot saat Buka Aplikasi

INews.id, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 16 2330062 kenali-penyebab-smartphone-anda-lemot-saat-buka-aplikasi-yXyZTMMkdk.jpg Foto ilustrasi Okezone

JAKARTA - Smartphone memiliki banyak aplikasi menarik yang kini bisa dimaksimalkan, selain sebagai alat komunikasi. Namun, sering kali smartphone lambat atau lemot saat membuka aplikasi tertentu.

Apa penyebabnya? Berikut penjelasannya.

1. Menggunakan aplikasi tak resmi

Ada ratusan bahkan ribuan aplikasi yang tersedia untuk smartphone, yang bisa di download lewat Google Store maupun Apple Store. Namun, ada juga aplikasi yang tidak terdaftar di kedua platform tadi dan hanya bisa di download melalui eksplore. Bisa jadi, aplikasi inilah yang masuk kategori tidak resmi.

(Baca juga: 10 Aplikasi Pembersih RAM, Bikin Performa Ponsel Jadi Cepat Lagi)

Aplikasi yang tidak resmi ini diklaim menjadi salah satu penyebab smartphone menjadi lemot karena memakan terlalu banyak RAM. Selain itu, aplikasi tidak resmi biasanya sering muncul gangguan saat dijalankan misalnya iklan.

2. Selalu update aplikasi

Melakukan pembaharuan pada aplikasi bertujuan untuk menghilangkan dan memperbaiki kesalahan yang ada pada aplikasi versi lama. Aplikasi yang jarang di-update biasanya malah akan membuat kerja hp menjadi lebih berat. Cara untuk memeriksa pembaharuan yang ada adalah dengan cara masuk ke menu settings-Abou-system update.

3. Jangan pasang banyak aplikasi

Pastikan untuk memasang aplikasi yang benar-benar berguna dan dibutuhkan. Terlalu banyak memasang aplikasi apalagi aplikasi yang tidak diperlukan malah akan membuat hp kita menjadi lemot.

(Baca juga: Aplikasi Instagram Hadirkan Fitur Tab Baru Reels & Shop)

3. Tutup aplikasi yang berjalan di background

Aplikasi yang tidak tertutup dan muncul di background membuat RAM menjadi penuh dan kinerjanya semakin berat. Selain itu, hal ini juga bisa membuat ponsel menjadi lebih cepat panas.

4. Terlalu banyak cache

Cache berfungsi untuk penyimpanan data yang sifatnya sementara dari aplikasi yang ada pada ponsel. Cache membantu mempercepat penggunaan aplikasi yang sebelumnya pernah di gunakan.Tapi, membiarkan cache menumpuk justru membuat smartphone menjadi lemot karena memory internal pada smartphone menjadi sangat penuh.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan rajin menghapus cache yang tersimpan. Caranya, masuk ke menu settings-Aplikasi lalu pilih aplikasi yang memiliki cache dengan ukuran besar lalu klik bagian clear cache.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini