Facebook Hilangkan Sementara Beberapa Fitur Messenger dan Instagram di Eropa, Ini Alasannya

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 16 2330074 facebook-hilangkan-sementara-beberapa-fitur-messenger-dan-instagram-di-eropa-ini-alasannya-YEGCQK14zA.jpg Foto ilustrasi Okezone

MENLO PARK - Facebook mengeluarkan pengumuman bahwa untuk kawasan Eropa, beberapa fitur di Facebook Messenger dan Instagram, sementara tidak tersedia. Pengumuman itu disampaikan oleh Facebook melalui notifikasi yang muncul di aplikasi Facebook Messenger dan Instagram.

 (Baca juga: Aplikasi Instagram Hadirkan Fitur Tab Baru Reels & Shop)

Disampaikan lewat pesan notifikasi tersebut alasannya bahwa beberapa fitur tidak tersedia untuk "menghormati aturan baru untuk layanan perpesanan di Eropa". Facebook tidak menguraikan lebih detail lagi tentang fitur apa saja yang akan hilang, tapi perusahaan mengungkap lewat halaman dukungannya bahwa polls di Messenger dan Instagram saat ini tidak tersedia di Eropa.

Fitur lain yang hilang mungkin termasuk kurangnya pengiriman file tertentu di Messenger, nama panggilan yang hilang, atau kemampuan untuk berbagi efek AR di DM Instagram. Facebook telah menonaktifkan sementara beberapa fitur ini untuk mematuhi aturan baru tentang penggunaan data di negara-negara Eni Eropa.

(Baca juga: Facebook Siapkan Aplikasi Lintas Platform WhatsApp dan Messenger?)

Ini adalah bagian dari penerapan nasional yang dilakukan pada Pedoman Privasi dan Komunikasi Elektronik 2002 (Pedoman ePrivasi). Arahan ini memberlakukan aturan yang lebih ketat pada penggunaan data di seluruh layanan komunikasi yang beroperasi di negara-negara yang menjadi bagian dari Uni Eropa.

Tidak jelas kapan Facebook akan mengaktifkan kembali fitur-fitur ini untuk pengguna Eropa, tetapi juru bicara memberi tahu bahwa sebagian besar akan kembali "segera", demikian dilansir The Verge, Jumat (18/12).

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini