Pertama Kali, Sinyal Radio Terdeteksi dari Planet Luar Tata Surya

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 16 2331554 pertama-kali-sinyal-radio-terdeteksi-dari-planet-luar-tata-surya-at6Jrc7zlb.jpg Sinyal radio terdeteksi di planet luar tata surya. (Foto: foxnews.com)

PARA ilmuwan telah menemukan 4.500 exoplanet hingga saat ini. Namun, mereka baru pertama kalinya mendeteksi semburan radio dari salah satu planet jauh tersebut. Menurut penelitian yang terbit di jurnal ilmiah Astronomy & Astrophysics, sekelompok peneliti yakin bahwa semburan radio itu berasal dari konstelasi Bootes.

(Baca juga: Ilmuwan Prediksi Superkontinen Bakal Muncul Kembali di Masa Depan)

“Kami menyajikan petunjuk pertama untuk mendeteksi planet ekstrasurya dalam ranah radio. Sinyalnya berasal dari sistem Tau Bootes yang berisi bintang biner dan exoplanet. Dari kekuatan dan polarisasi sinyal radio dan medan magnet, itu kompatibel dengan prediksi teoritis,” kata penulis utama studi, Jake Turner.

Sistem Tau Bootes, sebagaimana dilansir dari Fox News, Sabtu (19/12/2020), berjarak sekitar 51 tahun cahaya dari Bumi. Penemuan ini berkat pengamatan dari Low Frequency Array (LOFAR), sebuah teleskop radio di Belanda.

Selain emisi radio dari konstelasi Bootes, para ilmuwan juga menemukan emisi radio lainnya di konstelasi Cancer dan sistem Upsilon Andromedae.

 (Baca juga: Pulsa HP Tersedot Misterius? Ini yang Harus Anda Lakukan)

Rekan peneliti studi, Ray Jayawardhana mengatakan para peneliti masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut tentang hal ini. Jika benar emisi radio itu berasal dair konstelasi Bootes, maka itu akan membuka jalan untuk mengetahui dunia asing.

Dari ribuan exoplanet yang telah ditemukan, hanya sebagian kecil di antaranya diduga berpotensi adanya kehidupan. Sebuah studi yang terbit November lalu menyebutkan setidaknya ada 300 juta planet yang mampu mendukung kehidupan.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini