Lewat Aturan Baru, WhatsApp Paksa Pengguna Berbagi Informasi dengan Facebook

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2021 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 16 2340537 lewat-aturan-baru-whatsapp-paksa-pengguna-berbagi-informasi-dengan-facebook-XswKqP1FQ6.jpeg Foto: Istimewa

MENLO PARK - WhatsApp baru saja mengeluarkan aturan baru terkait privasi.

Dalam pemberitahuan yang tiba-tiba muncul di layar ini, WhatsApp memaksa pengguna menyetujui aturan barunya.

Dalam aturan tersebut, pengguna tidak lagi memiliki pilihan untuk berbagi informasi dengan Facebook, yang tertuang dalam pembaruan aturan privasi pada Juli 2020.

Kini, WhatsApp memaksa penggunannya agar setuju bersedia berbagi informasi dengan Facebook, sebagai induk perusahaan. Jika tidak setuju, pengguna tak lagi mendapat akses menggunakan WhatsApp.

(Baca juga: Bos Facebook hingga Apple Kutuk Keras Kerusuhan Capitol di AS)

Berbagi informasi ini akan berlaku mulai 8 Februari 2021 mendatang. Semenjak diakuisisi Facebook, privasi pengguna WhatsApp memang menjadi perhatian banyak pihak. Facebook juga pernah dibawa ke meja hijau lantaran dugaan penyalahgunaan data pengguna.

WhatsApp merupakan aplikasi pesan singkat yang didirikan oleh Jan Koum dan Brian Acton. Pada 2014, Facebook resmi mengakuisisi WhatsApp dengan nilai USD19 miliar.

Empat tahun kemudian Koum mengundurkan diri dari bisnisnya ini, karena merasa ada perubahan dengan aturan privasi pengguna yang dilakukan oleh Facebook.

 (sst)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini