Usai Facebook, Instagram, Twitter, dan Snapchat, Twitch Ikutan Nonaktifkan Channel Trump

Susi Susanti, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2021 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 16 2341021 usai-facebook-instagram-twitter-dan-snapchat-twitch-ikutan-nonaktifkan-channel-trump-PgVabGdVRH.jpg Foto: Istimewa

SAN FRANCISCO – Seolah tak behenti, aksi boikot di laman media sosial (medsos) terhadap Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terus berdatangan.

Setelah Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat, kali ini langkah serupa dilakukan Twitch. Penonaktifan tersebut adalah buntut dari kerusuhan yang terjadi di Capitol Hill.

“Sehubungan dengan serangan mengejutkan kemarin di Capitol, kami telah menonaktifkan saluran Twitch milik Presiden Trump. Mengingat keadaan luar biasa saat ini dan retorika presiden, kami yakin ini adalah langkah yang diperlukan untuk melindungi komunitas kami dan mencegah Twitch digunakan untuk memicu kekerasan lebih lanjut,” kata Twitch.

(Baca juga: Buntut Kerusuhan, Akun Facebook dan Instagram Donald Trump Ditangguhkan Tanpa Batas Waktu)

Twitch mengatakan penangguhan akun Trump tidak terbatas untuk saat ini. “Kami fokus pada meminimalkan kerugian yang mengarah pada transisi pemerintahan dan akan menilai kembali akunnya setelah dia meninggalkan kantor,” terang juru bicara Twitch kepada TechCrunch.

Twitch juga menangguhkan sementara saluran presiden pada Juni lalu. “Tingkah laku yang penuh kebencian tidak diperbolehkan di Twitch. Sejalan dengan kebijakan kami, channel Presiden Trump telah mengeluarkan penangguhan sementara dari Twitch untuk komentar yang dibuat saat streaming, dan konten yang melanggar telah dihapus,” ungkapnya.

(Baca juga: Ingat! 8 Tips Penting Aturan Privasi Baru WhatsApp)

Selama beberapa hari terakhir semua akun di medsos menempatkan batasan baru pada akun Trump.

Facebook juga mengambil langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan menangguhkan akun presiden selama sisa masa jabatannya, yang berakhir pada 20 Januari.

 (sst)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini