TikTok Hapus Video dan Tagar Kerusuhan Pendukung Trump di Capitol

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2021 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 16 2341165 tiktok-hapus-video-dan-tagar-kerusuhan-pendukung-trump-di-capitol-4VmkWi8os0.jpg Kerusuhan di Gd. Capitol Ameriksa Serikat (foto: Reuters)

JAKARTA - TikTok akan menghapus video pidato Presiden Donald Trump yang menghasut para pendukungnya lalu membuat kerusuhan di Capitol Hill , Washington D.C. BACA JUGA - Khasiat Vaksin COVID-19 Diragukan, Inggris Akan Pakai Smart Patch

Perusahaan asal China tersebut mengatakan bahwa video tersebut melanggar kebijakan informasi TikTok.

"Perilaku kebencian dan kekerasan tidak memiliki tempat di TikTok," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan dikutip dari The Verge, Jumat (8/1/2021). (Baca juga: Viral, Trump dan Keluarganya Pesta saat Massa Perusuh Capitol Tiba).

BACA JUGA: Kerusuhan Gedung Capitol Mirip Mei 1998 di Indonesia

“Konten atau akun yang berupaya menghasut, memuliakan, atau mempromosikan kekerasan melanggar Pedoman Komunitas kami dan akan dihapus,” lanjut pernyataan tersebut.

TikTok juga memblokir tagar tertentu yang terkait dengan kerusuhan, seperti #stormthecapitol dan #patriotparty, seperti yang terjadi pada tagar lain yang mewakili teori konspirasi terkait pemilu AS pada November tahun lalu.

Jika pengguna mencoba mencari salah satu dari tagar yang diblokir ini, hanya akan terlihat halaman yang mengatakan hashtag "mungkin terkait dengan perilaku atau konten yang melanggar pedoman kami".

TikTok bergabung dengan platform media sosial lain dalam membatasi beberapa konten tentang kerusuhan di Capitol hari Rabu waktu setempat.

Sebelumnya da Facebook yang juga menghapus menghapus konten yang mendukung penyerbuan Capitol atau mendorong kerusuhan. Facebook juga melarang akun Trump hingga "tanpa batas waktu".

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini