Silakan "Uninstall" WhatsApp Jika Tak Setuju Aturan Baru 8 Februari Mendatang

Susi Susanti, Jurnalis · Senin 11 Januari 2021 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 16 2342231 silakan-uninstal-whatsapp-jika-tak-setuju-aturan-baru-8-februari-mendatang-GLMzrfjz89.jpeg Foto: Istimewa

YORDANIA – Hampir semua pengguna WhatsApp menerima pemberitahuan yang mengatakan layanan tersebut sekarang akan membagikan data pengguna dengan perusahaan Facebook lainnya.

Hal ini sangat kontras dengan apa yang awalnya dijanjikan perusahaan pada 2014 selama akuisisi oleh Facebook. Saat itu, WhatsApp meyakinkan tujuannya bergabung dengan Facebook adalah untuk mengetahui privasi seseorang “sesedikit mungkin”.

Meskipun pengguna memiliki pilihan untuk tidak setuju, namun mulai 8 Februari mendatang mereka hanya memiliki satu pilihan. Jika mereka tidak ingin berbagi data, silakan uninstal aplikasi dan berhenti menggunakan layanan.

Beberapa info yang dikumpulkan WhatsApp akan dibagikan termasuk data lokasi, alamat IP, model ponsel, OS, level baterai, kekuatan sinyal, browser, jaringan seluler, ISP, bahasa, zona waktu, dan bahkan IMEI. Ada juga informasi tentang bagaimana Anda berkirim pesan, menelepon, grup apa yang Anda hadiri, Status, foto profil, waktu terakhir kali Anda online, dan lainnya.

(Baca juga: Aturan Privasi Terbaru WhatsApp, Haruskah Pengguna Setuju?)

Dikutip GSM Arena, WhatsApp bahkan menambahkan bagian terpisah yang disebut “Transaksi dan data Pembayaran” yang menetapkan platform akan memproses informasi tambahan bahkan untuk pembayaran, yang dilakukan melalui aplikasi. Perusahaan mengklaim ini untuk tujuan analitik, meskipun itu akan memberikan pengidentifikasi uniknya ke Perusahaan Facebook lainnya.

Kebijakan Privasi ini diluncurkan secara global. Namun pengguna di Uni Eropa hanya terkena satu poin saja. Ini berkat undang-undang privasi yang lebih ketat yang lebih dikenal sebagai GDPR. Jadi pengguna WhatsApp di 27 negara Eropa tidak akan membagikan data mereka dengan pihak ketiga.

 (sst)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini