Apa yang Lebih Penting, Akses ke WhatsApp atau Privasi?

Susi Susanti, Jurnalis · Senin 11 Januari 2021 06:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 16 2342238 apa-yang-lebih-penting-akses-ke-whatsapp-atau-privasi-cX606U11dm.jpg Foto: Istimewa

AMERIKA SERIKAT - Kita sering menemukan diri kita berada di persimpangan antara kenyamanan dan privasi.

Seringkali, perusahaan internet besar merampas pilihan pengguna dan memaksa mereka membagikan data pribadi sehingga mereka dapat terus menggunakan layanan gratis.

Itulah yang terjadi pada WhatsApp, aplikasi perpesanan terbesar di dunia. WhatsApp akan memberlakukan kebijakan privasi baru mulai awal Februari 2021 untuk pengguna di luar Uni Eropa, (EU). Kebijakan ini memungkinkan perusahaan induk Facebook untuk membaca data seperti nomor ponsel Anda, alamat IP, dan identitas lainnya.

Apakah itu mengganggu Anda atau apakah Anda akan terus menggunakan WhatsApp secara normal?

Dikutip XDA Developers, Kebijakan Privasi WhatsApp yang diperbarui mengklaim perubahan ini akan meningkatkan cara bisnis berinteraksi dengan individu dan membantu perusahaan meningkatkan layanannya.

(Baca juga: Silakan "Uninstall" WhatsApp Jika Tak Setuju Aturan Baru 8 Februari Mendatang)

Secara keseluruhan, perubahan ini juga memungkinkan Facebook untuk menggunakan data tentang bagaimana Anda berinteraksi dengan akun WhatsApp Business dan menyarankan berbagai bisnis relevan lainnya (melalui iklan bertarget) di platform milik Facebook lainnya seperti aplikasi Facebook, Instagram, dan Facebook Messenger.

Ini juga memungkinkan Anda untuk menghubungkan berbagai layanan Facebook di berbagai aplikasi - misalnya, WhatsApp Pay di Instagram. Semua perubahan ini dalam upaya untuk mengaktifkan ekosistem Facebook yang saling berhubungan.

(Baca juga: Aturan Privasi Terbaru WhatsApp, Haruskah Pengguna Setuju?)

Yang jelas, para pengguna WhatsApp tidak bisa mengabaikan pilihan ini. kecuali mereka yang tinggal di EU dan dilindungi GDPR. Jika tidak, Anda harus berhenti menggunakan aplikasi sama sekali.

Mengingat banyaknya basis pengguna WhatsApp, opsi kedua hampir tidak mungkin dijalankan. Meskipun Anda berencana untuk berhenti menggunakan WhatsApp, bagaimana Anda meyakinkan teman dan kerabat Anda untuk berhenti menggunakan aplikasi, terutama mereka yang tidak terlalu paham dengan teknologi yang berkembang pesat? Atau bahkan meyakinkan mereka mengapa privasi data penting bagi Anda dan harus penting bagi mereka juga?

(sst)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini