Cara Menghapus History Pencarian Google di Ponsel Android

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 12:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 16 2346335 cara-menghapus-history-pencarian-google-di-ponsel-android-eZqJJwwOLT.jpg Ilustrasi (foto: istimewa)

JAKARTA - Setiap hari pasti kita sering menggunakan mesin pencarian seperti Google untuk mencari sebuah informasi. Hanya dengan mengetikan keyword atau kata kunci saja akan terlihat hasil yang kita inginkan.

Namun, ketika Anda menelusuri informasi di internet melalui Google, aktivitas pencarian ini pasti meninggalkan jejak berupa riwayat. Jejak itu akan muncul sebagai saran pencarian saat kita mengetik keyword yang sama.

Baca Juga: Google Uji Fitur Baru YouTube yang Memungkinkan Bisa Bagi Unduhan Offline 

Perlu dicatat bahwa riwayat pencarian ini merupakan salah satu privasi yang patut diperhatikan. Akan terasa tidak nyaman jika ponsel atau tablet kita dipinjam oleh orang lain dan mereka melihat riwayat penelusuran di dalam browser.

Baca Juga: Google Foto Telah Menambahkan Fitur Foto Sinematik 3D Secara Otomatis 

Tak perlu khawatir, berikut cara yang bisa digunakan untuk menghapus history dari ponsel atau tablet Android.

1 Buka aplikasi Google Chrome di ponsel Android, dan pastikan telah masuk (login) ke akun Anda

2. Klik menu tiga titik di kanan atas, lalu klik History. Jika kolom URL Anda berada di bagian bawah, geser ke atas pada kolom URL. Tap Histori

3. Kemudian pilih Hapus data browsing.

4. Di samping "Rentang waktu", pilih berapa banyak histori yang ingin dihapus. Untuk menghapus semuanya, tap Sepanjang waktu.

5. Centang "Histori browsing". Hapus centang data lain yang tidak ingin dihapus.

6. Tap Hapus data.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini