Lewat Aplikasi Ini iMessage Apple Bisa Aktif di Android

Dini Listiyani, Jurnalis · Sabtu 23 Januari 2021 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 23 16 2349443 lewat-aplikasi-ini-imessage-apple-bisa-aktif-di-android-vWgsHzOuRF.jpg Foto: Geeky Gadgets

SAN FRANCISCO – Situs Beeper mungkin kurang familiar. Namun aplikasi chat universal baru ini mampu menyatukan 15 platform chat berbeda ke dalam satu antarmuka.

Aplikasi ini hasil kerja tim yang beranggotakan Epic Migicovsky, mantan CEO dan pendiri jam tangan pintar Pebble. Situs yang dulu dikenal sebagai NovaChat ini memerlukan langganan USD10 (Rp141 ribu) per bulan.

Meskipun Beeper terintegrasi dengan layanan perpesanan paling populer di dunia seperti Signal, WhatsApp, Telegram, Slack, Twitter, Instagram, dan lain-lain, namun aplikasi ini tidak mendukung iMessage.

Dukungan iMessage hanya tersedia secara resmi di perangkat Apple dan sering dikutip oleh pengguna sebagai sesuatu yang mencegah mereka beralih ke pengguna Android.

Migicovsky mengatakan Beeper mengizinkan iMessage berfungsi di Android, Windows, dan Linux, tapi harus menggunakan beberapa trik untuk melakukannya. FAQ di situs web Beeper memberikan penjelasan yang lebih mendalam tentang apa sebenarnya yang terlibat dalam trik ini.

(Baca juga: Menristek Paparkan Alasan Impor Vaksin Covid-19)

Jika memiliki Mac yang selalu online, Anda dapat memasang aplikasi Mac Beeper untuk bertindak sebagai jembatan, mirip dengan pendekatan yang digunakan AirMessage, sebagaimana dikutip The Verge, Jumat (22/1/2021).

Tapi segalanya menjadi sangat liar jika Anda tidak memiliki akses ke Mac. Pada saat itu Beeper mengatakan benar-benar akan mengirim setiap penggunanya "iPhone Jailbroken dengan aplikasi Beeper terpasang" untuk bertindak sebagai jembatan.

(Baca juga: Mampukah Indonesia Mandiri Bikin Vaksin? Ini Penjelasan Menristek)

Dalam sebuah tweet lanjutan, Migicovsky mengatakan saat ini dia memiliki 50 iPhone 4S lama di mejanya, siap untuk didaur ulang guna digunakan dengan Beeper. Jika solusi tersebut berfungsi sebagai klaim Beeper, maka hasilnya adalah aplikasi obrolan universal yang berfungsi di MacOS, Windows, Linux, iOS, dan Android, menawarkan kotak masuk terpadu, dan kemampuan untuk mencari di seluruh pesan dari masing-masing dari 15 layanan.

Aplikasi dibangun di atas protokol perpesanan Matrix open source (Migicovsky sebelumnya menggambarkan hubungan NovaChat dengan Matrix sebagai mirip dengan hubungan Gmail dengan email), dan meskipun aplikasi klien itu sendiri bukan sumber terbuka, jembatan yang menghubungkannya ke layanan obrolan lain.

(sst)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini