Layanan E-Commerce Live Streaming Jadi Tren Baru Berbelanja di Tengah Pandemi

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 16 2350579 layanan-e-commerce-live-streaming-jadi-tren-baru-berbelanja-di-tengah-pandemi-0KlPxKFZJh.jpg Tren belanja online marak di Indonesia (foto: Ist)

JAKARTA - Tahun 2020 menjadi pemicu lonjakan aktivitas digital kesayangan seluruh masyarakat Indonesia, belanja online. Hasil survei dari salah satu bank swasta di Indonesia menemukan peningkatan sebesar 66% pertumbuhan pengguna e-commerce di Indonesia.

Masyarakat semakin beralih ke online untuk mencari beragam jenis produk mulai dari kebutuhan sehari-hari, kesehatan, elektronik, perawatan, kecantikan, dan masih banyak lagi.

E-commerce live streaming di Indonesia telah meningkat secara signifikan menanggapi waktu dan kondisi yang tepat ini. Hal ini semakin dibuktikan dengan pemain e-commerce ternama di Indonesia seperti Shopee dan Lazada menggunakan platform live streaming sebagai alat promosi penting untuk mendorong konversi pesanan sekaligus menciptakan pengalaman live streaming yang menyenangkan untuk meningkatkan interaksi pelanggan.

Baca Juga: 7 Aplikasi Live Streaming Game Bisa Anda Unduh di Android

Belanja ditambah konten live streaming dapat meningkatkan interaksi langsung antara merek dan konsumen, yang semakin diyakinkan tentang kualitas produk, dan mendorong konsumen mengambil keputusan pembelian yang cerdas dan efisien.

Penerapan live streaming yang kreatif tidak hanya berhasil menarik minat masyarakat, dan mitra bisnis untuk bergabung dalam berbagai platform live streaming sebagai tindakan mengikuti tren digital populer. Namun inovasi konten live streaming memiliki pengaruh langsung terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan temuan Shopee yang mencatat peningkatan penjualan sebesar rata-rata 3,5 kali.

Selain para pemain e-commerce ternama di Indonesia, platform online lain dengan basis pengguna yang besar seperti Facebook dan UC Browser juga telah memasuki bidang live streaming.

Ambil contoh UC Browser, yang telah meluncurkan solusi interaksi online baru pada tahun 2020 yang disebut UCeleb network, adalah layanan MCN yang menyediakan layanan terpadu untuk mitra merek dengan melalui sarana komunikasi Key Opinion Leader, desain kreatif, hingga penguatan kampanye.

Menurut laporan tren tahunan UC Browser terbaru, mulai bulan April 2020 hingga Desember 2020, telah tercatat beragam kerjasama dengan mitra merek yang telah menarik total penonton hingga 4.545.268 tayangan untuk live streaming di UC Browser.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini