WhatsApp Tingkatkan Sistem Keamanan Antar Perangkat, Chat Pribadi Lebih Aman

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 16 2352460 whatsapp-tingkatkan-sistem-keamanan-antar-perangkat-chat-pribadi-lebih-aman-eZ3TBARrS2.jpg Sistem keamanan WhatsApp ditambah (foto: Istimewa)

JAKARTA - WhatsApp pertama kali diciptakan untuk penggunaan di ponsel. Namun seiring dengan perkembangan, kini ada ratusan juta orang di dunia yang juga menggunakan WhatsApp di komputer mereka melalui aplikasi desktop dan WhatsApp Web.

Sepanjang tahun ini, WhatsApp berencana menambahkan fungsi-fungsi baru untuk pemakaian WhatsApp di perangkat desktop Mac dan Windows, serta di Web. “Kami ingin performa WhatsApp Web dan desktop seunggul performa aplikasi versi ponsel. Dengan demikian, komunikasi pengguna tetap terjaga privasi dan keamanannya di perangkat manapun yang jadi pilihan mereka untuk berkirim pesan,” demikian keterangan WhatsApp yang diterima Okezone.com, Kamis (28/1/2021).

Hari ini, menurut WhatsApp untuk memperkuat fitur keamanan untuk aplikasi Web dan desktop dengan menambah lapisan keamanan ketika pengguna ingin menyinkronkan akun WhatsApp dari ponsel ke komputer mereka.

WhatsApp memanfaatkan sistem operasi ponsel yang telah mendukung fitur autentikasi wajah atau sidik jari. Ketika pengguna ingin menyinkronkan akun mereka dengan WhatsApp Web/desktop, mereka akan diminta untuk melakukan autentikasi biometrik di ponsel mereka sebelum diminta memindai kode QR.

Baca Juga: Regulator Inggris Tuntut WhatsApp Tak Sebar Data Pengguna ke Facebook

Tambahan lapisan keamanan ini akan meminimalisasi kemungkinan teman atau rekan kerja pengguna (jika kita sudah siap ke kantor lagi) untuk menyinkronkan akun ke perangkat lain tanpa sepengetahuan mereka.

“Kami menghadirkan fitur ini untuk memperkuat fitur keamanan yang telah ada, yaitu memunculkan notifikasi saat ada yang login di WhatsApp Web/desktop serta pengaturan untuk keluar dari semua perangkat di aplikasi ponsel yang dapat digunakan kapanpun,” tututnya.

Baca Juga: Iming-Iming Hadiah, Awas Malware Menyebar Lewat Pesan WhatsApp

Autentikasi wajah dan sidik jari yang dilakukan di perangkat pengguna otomatis terlindungi oleh sistem keamanan privasi sehingga WhatsApp tidak akan bisa mengakses informasi biometrik yang tersimpan di sistem operasi ponsel pengguna.

WhatsApp akan meluncurkan pembaruan sistem keamanan antar perangkat bersamaan dengan desain visual baru untuk WhatsApp Web. Pembaruan ini akan tersedia di ponsel pengguna yang kompatibel dalam beberapa minggu mendatang.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini