Berbeda dengan WhatsApp, Ini Cara Menggunakan Telegram di Smartphone atau Desktop

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 16 2353122 berbeda-dengan-whatsapp-ini-cara-menggunakan-telegram-di-smartphone-atau-desktop-mmON8tsULu.jpg Telegram di smartphone (foto: screenshot)

DUBAI - Belakangan ini, banyak orang yang mengunduh Telegram sebagai bentuk kekecawaan terhadap WhatsApp. Aplikasi pesan yang bermarkas di Dubai itu tentu mendapat keuntungan besar.

Bagi yang juga ingin beralih ke Telegram, cara menggunakannya cukup mudah. Tinggal unduh aplikasinya melalui toko aplikasi yang ada di smartphone.

Tak hanya itu, Telegram juga bisa digunakan di macOS, Windows, dan Linux. Caranya cukup unduh aplikasi Telegram melalui desktop.telegram.org, atau mengaksesnya melalui situs web.telegram.org.

Melansir dari laman resmi Telegram, Minggu (28/1/2021), untuk di ponsel, pengguna harus memastikan operasi sistem di smartphone miliknya sudah di atas Android 4.1 atau di atas iOS 9.0.

 Baca Juga: Apa Bedanya WhatsApp dan Telegram?

"Anda dapat masuk ke Telegram dari berbagai perangkat sebanyak mungkin, dan semuanya tersinkron pada saat yang bersamaan," jelas Telegram.

Caranya cukup gunakan nomor ponsel utama yang dimiliki pengguna untuk masuk ke perangkat manapun, obrolan cloud pengguna akan disinkronkan secara instan.

Baca Juga: YouTube Uji Coba Fitur Clip, Untuk Apa? 

Tidak seperti WhatsApp, Telegram merupakan aplikasi perpesanan berbasis cloud dengan sinkronisasi tanpa batas. Artinya, pengguna dapat mengakses pesan dari beberapa perangkat sekaligus.

Pengguna dapat berbagi foto, video, dan fail dalam jumlah tak terbatas, dalam bentuk dokumen, zip, mp3, dan lainnya. Masing-masing memiliki kapasitas hingga 2 GB.

Aplikasi Telegram hanya membutuhkan ruang kurang dari 100 MB di perangkat. Pengguna juga dapat menyimpan semua media di cloud tanpa menghapus sesuatu, cukup dengan mengosongkan cache.

Berkat infrastruktur dan enkripsi multi-pusat data Telegram, aplikasi ini diklaim lebih cepat dan jauh lebih aman. Selain itu, perpesanan pribadi di Telegram gratis dan akan akan tetap tanpa iklan, tanpa biaya berlangganan, selamanya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini