Ini Cara Menghapus Cache di Laptop untuk Cegah Lemot

Siska Permata Sari, Jurnalis · Sabtu 30 Januari 2021 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 16 2353136 ini-cara-menghapus-cache-di-laptop-untuk-cegah-lemot-CHZSfxyHBL.jpg Ilustrasi Laptop (foto: Okezone)

JAKARTA - Cara menghapus Cache di laptop perlu Anda ketahui. Tidakan ini perlu dilakukan agar membantu sistem Anda berjalan lebih cepat dan mendapatkan kembali ruang disk.

Sebab, cache merupakan sekumpulan file sementara yang digunakan oleh program atau sistem operasi sehingga ini bisa membebani kinerja laptop Anda. Cache inilah yang dapat memperlambat laptop hingga menyebabkan masalah lain.

Baca Juga: Perbedaan Hapus Cache dan Data Aplikasi di Android 

Biasanya, cache ada di riwayat File Explorer hingga browser Anda. Lantas, bagaimana sih cara menghapus cache dari laptop Anda? Simak langkah-langkahnya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (29/1/2021).

1,Cara menghapus chace di Chrome

Jika Anda menginstal Google Chrome dan seringkali browsing di sana, Anda dapat menghapus cache dengan cara klik tiga baris di pojok kanan atas dan pilih ‘History’ dari menu pull-down. Ini akan memunculkan tab baru di mana Anda akan menemukan daftar panjang kunjungan Web Anda baru-baru ini.

Kemudian, Anda dapat menghapus kunjungan individu dengan mencentang kotak di samping setiap entri dan kemudian mengklik ‘Hapus item yang dipilih’.

Jika Anda ingin membersihkan bagian yang lebih luas dari riwayat Anda, misalnya penjelajahan, klik tombol ‘Hapus data penjelajahan…’ di bagian atas layar Riwayat atau History untuk menampilkan jendela pop-up. Pastikan kotak di samping ‘Riwayat penjelajahan’ diklik, selain jenis informasi lain yang ingin Anda hapus, misalnya, Cookie, gambar yang disimpan dalam cache, dan unduhan.

2.Cara menghapus chace di Firefox

Untuk menghapus cache di firefox, Anda perlu klik baris di sudut kanan atas dan pilih History > Clear Recent History. Ini akan meminta daftar riwayat atau history untuk muncul.

Di sini lah Anda akan menemukan opsi rentang waktu history, mulai dari yang baru hingga keseluruhan. Kemdian jika Anda mengklik tombol detail, Anda akan melihat berbagai jenis data yang dapat Anda coba hapus seperti riwayat penelusuran, cache, dan sebagainya.

3.Cara menghapus chace di Safari

Jika Anda memggunakan Mac dan browser Safari, klik pada menu Safari dan pilih "Clear History and Website Data" untuk memunculkan pop-up. Di sini, Anda hanya akan memiliki kemampuan untuk menghapus semua informasi Anda dalam satu gerakan, termasuk cache.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini