Tips Aman Menggunakan Wifi Publik Bebas Serangan Hacker

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 16 2355632 tips-aman-mengunakan-wifi-publik-bebas-serangan-hacker-hsIvrEzW1j.jpg Ilustrasi wifi gratis (foto: iuvmtech)

JAKARTA - Zaman sekarang ini, internet menjadi kebutuhan pokok. Sambungan internet membantu untuk mengakses informasi hingga terhubung dengan orang banyak. Tak sedikit pula yang menggunakan WiFi atau hotspot publik untuk memenuhi kebutuhannya tersebut.

Namun tahukan Anda bahwa sambungan internet publik kerap menimbulkan masalah. Hal tersebut lantaran sambungan WiFi publik rentan disisipi hacker.

Mereka mengincar data pribadi dari perangkat Anda. Untuk terhubung dengan aman dan nyaman melalui WiFi publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memiliki beberapa tips jitu untuk Anda.

Baca Juga: Waspada Pakai WiFi Gratis di Ruang Publik, Ini Bahayanya 

Melansir Instagram Kemenkominfo, hal yang pertama Anda harus perhatikan yakni gunakan WiFi publik yang dikenali. Kemudian tanyakan kepada pihak penyedia WiFi mana yang dibuka untuk umum atau pelanggan dapat mengunjungi situs atau laman yang menggunakan HTTPS saja.

Pasalnya dengan menggunakan HTPPS/SSL Certificate dapat mengamankan data Anda dari pihak tak bertanggung jawab. Adanya HTTPS pada situs ditandai dengan gembok berwarna hijau di awal URL-nya.

Baca Juga: Ini Kata-Kata Rahasia Bisa Bikin Tampilan Google Chrome dan YouTube Berubah 

Tak hanya itu, Anda juga perlu untuk mengaktifkan firewall apabila berselancar menggunakan laptop. Fitur tersebut dapat mengawasi koneksi internet yang masuk maupun keluar.

Untuk mengaktifkannya, masuklah ke Control Panel, klik Windows Firewall, lalu klik Turn Windows Firewall On atau Off. Selanjutnya, lakukan verifikasi bahwa Windows Firewall aktif dengan memasukkan kata sandi dari administrator Anda.

Terakhir, hindarilah pemakaian WiFi publik untuk keperluan perbankan maupun transaksi online. Ubahlah ke data seluler terlebih dahulu saat bertransaksi.

Pasalnya hacker kerap mencari celah untuk mengambil data pribadi Anda. Selain itu, hindari juga penggunaan VPN lantaran data pribadi Anda rentan dicuri.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini