Instagram Hadirkan Fitur Recently Deleted, Apa Fungsinya?

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 16 2355872 instagram-hadirkan-fitur-recently-deleted-apa-fungsinya-vHDYoa4PcH.jpg Ilustrasi Instagram (foto: Business Insider)

MENLO PARK - Instagram baru merilis fitur baru bernama Recently Deleted. Melelaui fitur ini, pengguna bisa melihat kembali konten yang sudah dihapus dari unggahan di Feed, Reels, IGTV, dan Stories.

Sosial media di bawah naungan Facebook itu mengeluarkan fitur baru ini dengan tujuan mengantisipasi peretasan. Sebab bisa saja peretas mengambil alih akun dan menghapus semua konten yang ada.

Melansir dari The Verge, Rabu (3/2/2021), Instagram akan mengirimkan konfirmasi melalui teks atau surel kepada pemilik akun, untuk menghapus atau memulihkan konten secara permanen.

Baca Juga: Ingin Deteksi Stalker di Instagram Anda? Caranya Mudah 

Semua konten yang ada telah dihapus akan berada di dalam folder Recently Deleted selama 30 hari. Jika didiamkan saja, maka secara otomatis konten tersebut akan terhapus otomatis.

Sedangkan khusus untuk konten di Stories ada pengecualian. Stories yang dihapus dapat bertahan selama 24 jam sebelum dihapus secara permanen. Untuk mengakses folder, pilih Settings > Account > Recently Deleted.

 Baca Juga: Tips Aman Menggunakan Wifi Publik Bebas Serangan Hacker

Instagram ingin memberi kesempatan penggunanya untuk menyimpan konten mereka sebelum menghapusnya secara permanen. Aplikasi tersebut juga telah menawarkan fitur arsip, atau cara untuk menyimpan unggahan tanpa terlihat oleh umum.

Dengan fitur Recently Deleted, memungkinkan pengguna untuk menyimpan unggahan mereka sebagai opsi, meskipun ingin menghapusnya terlebih dahulu. Instagram mendapat manfaat dari memiliki lebih banyak konten. Dengan demikian, akan lebih banyak data dan informasi tentang pengguna.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini