Fitur Baru Google Meet 'Green Room', Pertemuan Jadi Lebih Mudah

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 16 2355888 fitur-baru-google-meet-green-room-pertemuan-jadi-lebih-mudah-fhYBJNG4wg.jpg Google Meet (foto: Social Barel)

MOUNTAIN VIEW - Pandemi Covid-19 masih belum usai di seluruh dunia. Mayoritas warga Bumi terpaksa masih harus beraktivitas dari rumah. Aplikasi konferensi video pun masih sangat dibutuhkan, salah satunya adalah Google Meet.

Sebagai upaya menambah layanan dan mempermudah penggunanya saat melakukan pertemuan, Google Meet menambahkan fitur baru bernama Green Room.

Baca Juga: Deretan Laptop RAM 8GB Terbaik, Harga Mulai Rp6 Jutaan

Fitur ini bisa membantu pengguna untuk memastikan kamera, speaker, dan mikrofon, berfungsi sebelum memulai pertemuan. Selain itu, Green Room juga mempermudah pengguna untuk mengatur ulang setelah mengganti perangkat yang digunakan.

Baca Juga: Google Meet Rilis Opsi Baru Panggilan Video 

Melansir dari The Verge, Rabu (3/2/2021), untuk menggunakannya, cukup pilih tombol kecil yang berada di bawah video bertuliskan "Periksa audio dan video Anda".

Kemudian klik tombol tersebut, lalu akan muncul pop-up yang tidak hanya menampilkan gambar video pengguna, tetapi memungkinkan pengguna melihat dan mengaktifkan mikrofon, speaker, dan kamera, sesuai dengan yang diinginkan.

Mikrofon, speaker, kamera, dan koneksi pengguna, juga bisa diperiksa oleh sistem dan mendapatkan tanda centang hijau jika telah berfungsi. Tentunya ini akan sangat memudahkan dibandingkan dengan sebelumnya yang harus mengunjungi menu setelan terlebih dahulu.

Green Room juga bisa digunakan untuk merekam sampel video singkat berdurasi enam detik, untuk memastikan bagaimana penampilan dan suara mereka saat pertemuan. Sebagai catatan, video pendek itu dijamin aman dan tidak akan tersimpan di data Google.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini