Wikipedia Bikin Aturan Baru, Ini Penting untuk Perangi Pelecehan

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 16 2355898 wikipedia-bikin-aturan-baru-ini-penting-untuk-perangi-pelecehan-q5VmyyQ0C5.jpg Wikipedia (foto: Digitaltrends)

JAKARTA - Wikipedia memperkenal Kode Etik Universal dalam upaya menciptakan standar global di situs tersebut. Selain itu, untuk memastikan komunitas kontributor yang beragam, inklusif dan dapat diakses. Kode etik ini juga sebagai cara untuk memerangi pelecehan.

Kode etik formal adalah proyek bersumber dari banyak orang, dengan lebih dari 1.500 sukarelawan dari seluruh dunia berkontribusi.

Ini sengaja dirancang agar relatif pendek dan mudah dipahami oleh pengguna, mengukur dengan cepat 1.600 kata.

Baca Juga: Instagram Hadirkan Fitur Recently Deleted, Apa Fungsinya? 

Secara umum, kode etik baru dibagi menjadi dua kategori: perilaku positif yang diharapkan dari pengguna, editor, dan karyawan Wikimedia, dan perilaku tidak dapat diterima yang tampaknya tidak dianjurkan oleh perusahaan, demikian dilansir dari The Verge, Rabu (3/2/2021).

Perilaku yang diharapkan termasuk saling menghormati orang lain, terlibat dalam pengeditan yang membangun, dan menghormati hal-hal seperti kata ganti pribadi untuk kontributor lain. Kode etik juga mendorong pengguna untuk saling membantu dalam proyek dan untuk membimbing editor baru.

Baca Juga: Fitur Baru Google Meet 'Green Room', Pertemuan Jadi Lebih Mudah 

Di sisi lain, kode etik secara eksplisit menyebut pelecehan - baik itu penghinaan, pelecehan seksual, bahasa yang mengancam, doxxing, atau argumen dengan niat buruk.

Kode etik ini mengikuti pengumuman perusahaan tentang rencana memberlakukan kebijakan yang lebih tegas terhadap pelecehan dan perilaku yang tidak pantas di Wikipedia dan situs Wikimedia lainnya tahun lalu.

Wikimedia sedang mengerjakan fase kedua dari Kode Perilaku Universal, yang akan menetapkan bagaimana proyek Wikipedia lokal dan regional akan menegakkan persyaratan baru dan konsekuensi apa pun bagi mereka yang melanggar aturan tersebut.

Tetapi perusahaan masih dalam tahap awal di sini - bagian dari proyek itu kemungkinan besar tidak akan selesai hingga akhir 2021.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini