Hati-Hati, Aplikasi WhatsApp Palsu Ancam Pengguna Apple

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 06 Februari 2021 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 16 2357274 hati-hati-aplikasi-whatsapp-palsu-ancam-pengguna-apple-cgEFmG5sQi.jpg Ilustrasi (foto: istimewa)

TORONTO - Tim peneliti keamanan siber dari Universitas Toronto, Citizen Lab, bersama tim dari Motherboard, mengungkapkan keberadaan aplikasi WhatsApp palsu di perangkat iOS.

Melansir dari Gadget360, Sabtu (6/2/2021), aplikasi palsu itu diketahui diciptakan oleh perusahaan pengintai asal Italia bernama Cy4Gate, dan mengincar pengguna tertentu.

Baca Juga: Satelit Milik Telkom Jatuh ke Bumi setelah Gagal Capai Orbit 

Cara kejahatannya adalah dengan menipu korban untuk menginstal fail konfigurasi tertentu yang ada di gawai buatan Apple. Kemudian, peretas menyusup dan mengumpulkan informasi milik korbannya.

 Baca Juga: TikTok Kini Bisa Diniikmati di Android TV

Informasi yang bisa didapat oleh peretas antara lain Unique Device Identifier (UDID) dan nomor IMEI perangkat.

Aplikasi WhatsApp palsu di iOS ini mulai muncur ke permukaan, setelah perusahaan keamanan ZecOps, mencuitkan serangkaian serangan yang terdeteksi masuk lewat aplikasi perpesanan instan.

Baca Juga: Siap-Siap, Ponsel Lipat Huawei Mate X2 Meluncur 22 Februari 

Menurut Motherboard, WhatsApp palsu di perangkat Apple ini sengaja diciptakan untuk mengumpulkan informasi tentang korban, dan kemudian mengirimkannya kembali ke peretas.

Untuk menipu korbannya, penjahat siber ini menyertakan logo WhatsApp dan grafik yang tampak sangat profesional. Mereka juga memberikan instruksi kepada pengguna, tentang cara menginstal fail konfigurasi di gawan Apple agar menginstal aplikasi palsu tersebut.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini