Cara Menonaktifkan Facebook, Ada 2 Opsi dan Tidak Perlu Ribet

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 16 2358529 cara-menonaktifkan-facebook-ada-2-opsi-dan-tidak-perlu-ribet-Pyk9LAOQKO.jpg ilustrasi Facebook (foto:Ist)

JAKARTA - Cara menonaktifkan Facebook tidaklah terlalu rumit. Media sosial bikinan Mark Zuckerberg tersebut mempunyai dua opsi bagi penggunanya untuk menonaktifkan akun.

Anda bisa menonaktifkan akun Facebook Anda sementara, tetapi juga bisa menghapus akun Anda secara permanen atau selamanya. Hal ini bergantung pilihan dan keputusan Anda.

Bila Anda merasa perlu detoks dari media sosial, termasuk Facebook, Anda bisa memilih opsi untuk menonaktifkan akun Anda secara sementar.

Baca Juga: Peristiwa 4 Februari: Berdirinya Facebook 

Namun, jika Anda sudah tak lagi menggunakan Facebook atau merasa tak lagi ingin mempunyai akun tersebut, sebaiknya pilih menghapus akun secara permanen.

Lantas, bagaimana langkah-langkahnya? Simak cara menonaktifkan Facebook, seperti dirangkum dari situs resminya, Senin (8/2/2021).

Baca Juga: Demi Pengguna Tunanetra, Facebook Tingkatkan Teknologi Kecerdasan Buatan 

Menonaktifkan akun Facebook sementara

Opsi satu ini membuat Anda bisa menonaktifkan akun untuk sementara dan memilih kembali lagi kapan pun Anda menginginkannya. Caranya:

1. Ketuk simbol menu atau tiga garis di kanan atas Facebook.

2. Gulir turun dan ketuk Pengaturan.

3. Gulir turun dan ketuk Kepemilikan dan Kontrol Akun di bagian Informasi Facebook Anda.

4. Ketuk Penonaktifan dan Penghapusan.

5. Pilih Nonaktifkan Akun dan ketuk Lanjutkan ke Penonaktifan Akun.

6. Ikuti petunjuk untuk mengonfirmasi.

Perlu diingat, bila Anda menonaktifkan akun Facebook, maka tidak ada seorang pun bisa melihat profil Anda. Namun, teman Anda mungkin masih bisa melihat nama Anda dalam daftar teman miliknya. Nama Anda juga hanya bisa dilihat oleh teman Anda dan hanya dari daftar teman miliknya.

Beberapa informasi, seperti pesan yang Anda kirimkan ke teman, mungkin masih bisa dilihat. Termasuk, postingan dan komentar Anda, beserta nama Anda di grup masih dapat dibaca oleh admin grup.

Selain itu, Messenger Anda juga akan tetap aktif jika Anda memilih untuk tetap mengaktifkan Messenger atau login ke Messenger saat Anda menonaktifkan akun Facebook.

Menghapus akun Facebook secara permanen

Bila Anda memilih untuk menghapus akun Facebook secara permanen, Anda tidak akan bisa mengaktifkan kembali akun Anda. Profil, foto, postingan, video, dan semua yang pernah ditambahkan akan dihapus secara permanen. Begitu juga seluruh data yang pernah Anda tambahkan, tidak akan bisa dipulihkan.

Berbeda dengan saat menonaktifkan Facebook, menghapusnya secara permanen juga membuat Anda tidak akan bisa lagi menggunakan Facebook Messenger. Anda pun tidak bisa lagi menggunakan Facebook Login untuk aplikasi lain, seperti Spotify atau Pinterest, yang pendaftarannya menggunakan akun Facebook.

Jika Anda sudah yakin untuk menghapus akun Facebook, begini langkah-langkahnya:

1. Ketuk simbol menu atau opsi di kanan atas Facebook.

2. Gulir turun dan ketuk Pengaturan.

3. Gulir turun ke bagian Informasi Facebook Anda dan ketuk Kepemilikan dan Kontrol Akun.

4. Ketuk Penonaktifan dan Penghapusan, dan pilih Hapus Akun.

5. Ketuk Lanjutkan ke Penghapusan Akun dan pilih Hapus Akun.

Perlu diketahui, tindakan ini masih bisa dibatalkan dalam kurun waktu kurang dari 30 hari. Setelah 30 hari, akun Anda dan semua informasi di dalamnya akan dihapus secara permanen dan Anda tidak akan bisa mengambil informasi tersebut.

Untuk membatalkan penghapusan akun:

1. Login ke akun Facebook dalam 30 hari setelah penghapusan akun Anda.

2. Klik Batalkan Penghapusan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini