Qualcomm Umumkan Modem 5G 10 Gigabit, Snapdragon X65

Susi Susanti, Jurnalis · Rabu 10 Februari 2021 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 16 2359701 qualcomm-umumkan-modem-5g-10-gigabit-snapdragon-x65-dcWxb9zaYH.jpg Ilustrasi Qualcomm Snapdragon X65 (Foto: Antara/ Hp-Qualcomm)

JAKARTAQualcomm mengumumkan Snapdragon X65 5G Modem-RF system, yang merupakan solusi modem-to-antenna 5G generasi keempat dari produsen chipset itu.

Modem tersebut adalah Modem-RF System 5G 10 Gigabit dan 3GPP Release 16 pertama di dunia, yang saat ini dalam tahap penggunaan sampel oleh OEM dan ditargetkan untuk diluncurkan pada perangkat komersil pada 2021.

"Transisi ke 5G memberikan kesempatan terbesar untuk Qualcomm karena teknologi selular siap memberikan manfaat kepada setiap industri," ujar President dan CEO terpilih, Qualcomm Incorporated, Cristiano Amon, dalam keterangan tertulis, seperti dikutip Antara, Rabu (10/2).

Snapdragon X65 menjadi lompatan terbesar Qualcom pada solusi 5G semenjak komersialisasi sistem modem-RF pertamanya.

Modem tersebut dirancang untuk mendukung kecepatan 5G dengan performa nirkabel layaknya fiber dan menggunakan spektrum yang tersedia untuk fleksibilitas jaringan, kapasitas, dan jangkauan yang maksimal.

(Baca juga: Rekomendasi Game : Pipe Mania, Game Puzzle Teman yang Pas Atasi Penat)

"Kami meraih pencapaian signifikan dengan Snapdragon X65 5G Modem-RF System, memungkinkan kecepatan konektivitas hingga 10 Gigabit per detik dan mendukung spesifikasi 5G terbaru yang memiliki peran penting dalam berbagai kasus penggunaan 5G baru," kata Christiano.

Tidak hanya terbatas untuk mendefinisikan ulang pengalaman ponsel premium, Christiano mengatakan modem tersebut juga membuka kemungkinan-kemungkinan baru dari perluasan 5G pada mobile broadband, compute, XR, IoT untuk industri, jaringan 5G swasta, dan akses nirkabel tetap.

Selain Snapdragon X65, Qualcomm Technologies juga mengumumkan Snapdragon X62 5G Modem-RF System, solusi modem-to-antenna yang dioptimalkan untuk penggunaan umum pada pengaplikasian mobile broadband.

Senior Vice President dan General Manager, 4G/5G, Qualcomm Technologies, Inc., Durga Malladi, Modem-RF system 5G generasi keempat Qualcomm itu dirancang untuk peluncuran 5G secara global dan dengan inovasi-inovasi utama dari modem hingga antena bersamaan dengan kemampuan penggabungan spektrum luas pada sub- 6 GHz dan mmWave.

(Baca juga: Selalu Force Closed Saat Main Game di Ponsel, Bisa Jadi Ini Penyebabnya!)

"Hal ini akan mendorong perluasan 5G yang cepat, sekaligus meningkatkan jangkauan, efisiensi daya, dan performa untuk pengguna," kata Durga.

"Dan pada jarak yang diperluas dan kemampuan berdaya besar, Snapdragon X65 dan X62 juga merupakan inti dari perluasan 5G pada akses nirkabel tetap dan peluang-peluang komputasi terkoneksi cloud," dia melanjutkan.

Snapdragon X65 5G Modem-RF System mengusung arsitektur yang dapat di-upgrade memungkinkan untuk peningkatan, perluasan, dan pengaturan pada segmen-segmen 5G dan juga memungkinkan fitur-fitur baru, kemampuan utama, dan penyebaran cepat dari fitur-fitur 3GPP Release 16 terbaru melalui pembaruan perangkat lunak atau software di masa depan.

Arsitektur yang dapat diupgrade ini memungkinkan solusi-solusi masa depan berbasis Snapdragon X65, memfasilitasi pengadopsian fitur-fitur baru, meningkatkan umur perangkat, dan membantu mengurangi biaya kepemilikan -- terlebih karena perluasan 5G pada industri-industri baru terkait seperti compute, IoT industri, dan akses nirkabel tetap.

Modul antena Qualcomm 545 mmWave generasi keempat dirancang untuk memperluas cakupan mobile mmWave dan efisiensi daya.

Modul antena Qualcomm 545 mmWave disandingkan dengan Snapdragon X65 Modem-RF System terbaru untuk mendukung daya transmisi lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya yang juga mendukung semua frekuensi global mmWave, termasuk jaringan n259 (41 GHz) terbaru dengan tetap mempertahankan jejak minimal layaknya generasi sebelumnya.

Modem tersebut juga menggunakan teknologi pengaturan antena AI yang diklaim pertama di dunia, memanfaatkan terobosan riset dan pengembangan AI yang dilakukan lebih dari satu dekade dalam sistem mobile-RF.

Teknologi ini memungkinkan peningkatan-peningkatan signifikan pada kinerja selular dan efisiensi daya. Sebagai contoh, penggunaan AI menghasilkan peningkatan akurasi dalam mendeteksi genggaman tangan sebanyak 30 persen dibanding generasi sebelumnya.

Peningkatan ini mendukung kemampuan pengaturan antena yang membawa kecepatan data yang lebih cepat, cakupan yang lebih baik, dan umur baterai yang lebih panjang.

Peningkatan-peningkatan tersebut dan lainnya dalam Modem-RF System didesain untuk memberikan pengalaman 5G superior dengan kecepatan selular yang ditingkatkan, jangkauan lebih luas, dan dukungan daya baterai sepanjang hari.

Snapdragon X65 siap untuk mendukung generasi terbaru ponsel premium dan perluasan 5G dalam segmen-segmen seperti PC, mobile hotspot, IoT industri, akses nirkabel tetap, dan jaringan 5G pribadi.

Bersamaan dengan Snapdragon X65, Qualcomm Technologies juga memperkenalkan Snapdragon X62 5G Modem-RF System yang dapat diakses secara umum. Snapdragon X62 adalah solusi modem-to-antenna 5G yang mendukung kecepatan pengunduhan hingga multi-Gigabit untuk pengaplikasian mobile broadband.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini