Penampakan Foto Pertama Mars yang Berhasil Diabadikan Hope UEA

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 15 Februari 2021 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 16 2362206 penampakan-foto-pertama-mars-yang-berhasil-diabadikan-hope-uea-TgkoaYq7sG.jpg Planet Mars (foto: Cnet)

JAKARTA - Pesawat ruang angkasa Al Amal atau Hope milik Uni Emirat Arab (UEA) berhasil mengabadikan foto pertama Mars. Foto tersebut dirilis Badan Antariksa UEA pada Minggu, 14 Februari 2021.

Diketahui, pesawat ruang angkasa Hope tersebut telah memasuki orbit Mars minggu lalu. Kemudian dari jarak sekitar 15.500 mil, kamera probe atau yang secara resmi dikenal sebagai Emirates eXploration Imager (EXI), berhasil menangkap keindahan planet Mars.

 Baca Juga: Jalan Super Cepat di Ruang Angkasa Buka Peluang Revolusi Perjalanan Angkasa Luar

Salah satu fitur Mars yang terkenal tampak pada foto itu adalah Olympus Mons, gunung berapi terbesar di tata surya.

“Transmisi gambar pertama Mars Hope Probe adalah momen yang menentukan dalam sejarah kami dan menandai UEA bergabung dengan negara-negara maju yang terlibat dalam eksplorasi ruang angkasa,” kata Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan di Twitternya, seperti dikutip dari CNet, Senin (15/2/2021).

Baca Juga: Facebook Batasi Iklan Politik di Indonesia 

Misi Al Amal atau Hope adalah dapat memberikan gambaran terlengkap tentang atmosfer Mars. Pengamatan mendetail akan memungkinkan para peneliti untuk menentukan bagaimana partikel lepas dari gravitasi Mars dan mengungkap mekanisme sirkulasi global di atmosfer yang lebih rendah.

Hope sendiri merupakan yang pertama dari tiga misi luar angkasa yang dikirim ke Mars. Misi ini juga diluncurkan oleh badan antariksa nasional Tiongkok dan Amerika Serikat.

Ketiga misi tersebut rencananya akan sampai di Mars pada Februari 2021. Emirates Mars Mission menjadi misi pertama yang tiba di Mars, ditandai dengan berhasilnya manuver penyisipan orbit Mars pada 9 Februari 2021.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini