Robot NASA Berhasil Abadikan Permukaan Tanah Planet Mars, Ini Penampakannya

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 16 2365061 robot-nasa-berhasil-abadikan-permukaan-tanah-planet-mars-sAa6FPSqUR.png Permukaan tanah planet Mars dibadaikan robot NASA (foto: NASA)

CALIFORNIA – Bentuk tanah planet Mars untuk kali pertama berhasil diabadikan. Melalui robot penjelajah NASA, terungkap gambar yang menunjukan permukaan planet merah tersebut.

Selain itu, gambar tersebut menunjukkan permukaan planet merah, serta memastikan bahwa wahana penjelajah tersebut mendarat dengan selamat dan memberikan informasi kendali misi tentang di mana ia jatuh.

Gambar yang dirilis juga menjadi gambar pertama dari penjelajah yang diharapkan NASA dapat menemukan bukti kehidupan alien.

Baca Juga: Penampakan Foto Pertama Mars yang Berhasil Diabadikan Hope UEA 

Mengutip dari laman The Independent, Jumat (19/2/2021), gambar pertama yang dirilis menunjukan cakrawala serta permukaan Mars yang ada di depan Perseverance. Sedangkan gambar kedua sedikit lebih jelas dan arahnya lebih menunjukan tanah di Planet Mars.

Kedua gambar memang terlihat agak buram, karena diambil oleh kamera teknik yang digunakan untuk mengarahkan penjelajah, selain itu juga karena diambil beberapa saat setelah pendaratan.

Baca Juga:  Foto-Foto dari Misi CaSSIS Mengungkap Kawah dan Ngarai Mars dari Jarak Dekat

NASA menjanjikan, beberapa waktu ke depan akan ada gambar dengan kualitas yang lebih baik.

Pesawat penjelajah kali ini lebih siap untuk mendokumentasikan perjalanannya daripada sebelumnya.

Pasalnya, wahan penjelajah Mars kali ini sudah dilengkapi dengan 25 kameran dan dua mikrofon, banyak di antaranya digunakan untuk mendokumentasikan perjalanan ke Mars.

Dengan demikian, pengontrol misi akan melihat hal-hal yang belum pernah mereka alami sebelumnya, termasuk pemandangan parasut yang sangat besar yang terbuka dan memperlambat spaceraft, serta tanah yang semakin dekat saat kendaraan bergerak menuju tanah.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini