Pertama Kali Sejak 2016, Apple Berhasil Salip Samsung untuk Penjualan Ponsel

Dini Listiyani, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 16 2367019 pertama-kali-sejak-2016-apple-berhasil-salip-samsung-untuk-penjualan-ponsel-lxWHraSRuN.jpg Ilustrasi ponsel Samsung vs iPhone (foto: Phonearena)

CALIFORNIAApple untuk pertama kalinya sejak 2016 berhasil mengalahkan dominasi Samsung Smartphone dalam pasar penjualan. Pertumbuhan dari tahun ke tahun Apple naik menjadi 14.9 persen. Sementara, Samsung mengalami sedikit penurunan 11,8 persen pada periode yang sama.

Melihat pada 2020, Apple sebenarnya telah tumbuh 3,3 persen. Sementara Samsung turun 14,6 persen. Ini sebenarnya cukup menarik mengingat Apple hanya menjual beberapa model dibanding Samsung yang mempunyai daya tarik lebih luas.

Baca Juga: Apple dan Samsung Rajai Penjualan Ponsel di 2019

Menurut Anshul Gupta, direktor riset senior di Gartner, tampaknya 5G benar-benar membantu memacu permintaan smartphone bahkan selama krisis ekonomi akibat pandemi. “Penjualan lebih banyak smartphone 5G dan kelas bawah hingga menengah meminimalkan penurunan pasar pada kuartal keempat 2020,” katanya sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga: Huawei Resmi Luncurkan Mate X2, Ponsel Lipat Generasi Baru

Bahkan, kata Gupta, ketika konsumen tetap berhati-hati dalam pengeluaran pengeluaran mereka dan menahan diri pada beberapa pembelian yang tidak perlu, smartphone 5G dan fitur-fitur pro-kamera mendorong beberapa end user membeli ponsel cerdas baru atau meningkatkan ponsel cerdas mereka saat ini di kuartal ini.

Masih harus dilihat apakah Apple akan dapat mempertahankan keunggulan mereka atau Samsung dapat pulih. Namun, laporan sebelumnya menunjukkan pembuat handset China lainnya seperti Xiaomi atau Oppo pada akhirnya mungkin dapat mendominasi pasar saat ini.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini