XL Axiata Pastikan 100% Jaringan Pulih Kembali Pasca-Bencana

Antara, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 08:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 16 2368598 xl-axiata-pastikan-100-jaringan-pulih-kembali-pasca-bencana-WdNzr2MjOz.jpg BTS XL Axiata (foto: Okezone)

JAKARTAXL Axiata memastikan semua jaringan yang terdampak bencana alam telah pulih dan beroperasi 100 persen dengan normal, termasuk di Jabodetabek akibat banjir di awal pekan ini. Dari total sekitar 35.000 BTS di wilayah Jabodetabek, hanya kurang dari 1 persen sempat terdampak banjir pada 20-22 Februari 2021.

Jaringan XL Axiata juga telah pulih di wilayah terdampak banjir besar di Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Barat demikian juga jaringan yang terdampak gempa di Sulawesi Barat.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, beberapa langkah preventif yang telah dilakukan tim XL Axiata tersebut antara lain, relokasi perangkat-perangkat vital ke tempat yang lebih tinggi, juga desain ulang penempatan dan pembangunan shelter BTS di posisi lebih tinggi dari permukaan.

Saat banjir tak bisa dihindari, tim teknis juga memastikan ketersediaan daya di BTS-BTS yang terdampak banjir serta menyiapkan portable genset untuk backup BTS yang terdampak pemadaman listrik.

Baca Juga: Ini Cara Mudah Berbagi Pulsa XL ke Sesama Pengguna

Baca Juga: Telkomsel Siapkan Pemerataan Jaringan 4G di Seluruh Indonesia

“Sementara itu, selama banjir melanda, tim di lapangan yang bekerja siang dan malam dengan sigap mendatangi lokasi-lokasi BTS yang terkena banjir maupun yang aksesnya banjir untuk memastikan bahwa jaringan XL Axiata kembali normal," tutur I Gede.

"Bahkan, mengingat kondisi cuaca yang tak menentu, hingga saat ini tim kami masih terus bersiaga. Rekayasa pengalihan jaringan juga kami lakukan dari pusat pengendalian jaringan guna mem-backup jaringan yang terdampak banjir,” kata dia lagi.

Gede menambahkan, kondisi jaringan di Sulawesi Barat dan Jawa Barat sepenuhnya sudah pulih sejak awal Februari 2021 lalu. Sementara itu, untuk beberapa area khususnya di Semarang Jawa Tengah dan Kalimantan Selatan, tim XL Axiata masih terus berupaya untuk menjaga performa jaringan. Ada sekitar 2% BTS yang berlokasi di lokasi-lokasi banjir besar dari total sekitar 3.300 BTS di Kalimantan Selatan.

Sementara itu, BTS di lokasi gempa Sulawesi Barat ada sekitar 19% dari total BTS di provinsi tersebut, terutama di Mamuju dan Majene. Di Jawa Tengah dan Jawa Barat, BTS yang berada di lokasi banjir ada sekitar 1% dari total BTS yang ada di provinsi tersebut, antara lain di Pekalongan, Semarang, Demak, Subang, dan Majalengka.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini