Hadang TikTok, YouTube Luncurkan Shorts

Muh Iqbal Marsyaf, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 16 2370800 youtube-luncurkan-shorts-untuk-menghadang-tiktok-vep5DiJmwN.jpg YouTube luncurkan Shorts (Foto: Reuters)

JAKARTA - YouTube akhirnya meluncurkan fitur barunya, Shorts, yakni platform untuk video pendek. Platform ini diambil dalam orientasi potret dan digunakan untuk menghadang TikTok serta pengaruhnya yang berkembang secara online.

Para pengguna yang berada di Amerika Serikat (AS) sudah mulai menerima fitur tersebut. Sedangkan untuk peluncuran global diharapkan segera dihadirkan ke pengguna.

(Baca juga: Ini Daftar Provider Gaming Terbaik di Indonesia)

Saat ini Shorts masih dalam versi Beta. Jadi tidak semua pengguna Amerika Serikat akan mendapatkannya setelah aplikasi mereka di-update. Perusahaan kemungkinan melakukan beberapa pengujian A/B, tapi mengingat fakta bahwa YouTube telah mengerjakan Shorts selama 12 bulan terakhir, maka versi stabil dari fitur tersebut seharusnya sudah tersedia.

Video Pendek (Shorts) YouTube mendapatkan lebih dari 3,5 miliar penayangan saat masih dalam versi beta awal. Karena itu, tidak heran video pendek tersebut sekarang mendapatkan lebih banyak pengguna.

(Baca juga: Ketinggalan Acara TV Favorit? Nonton Ulang Tayangannya di Vision+ Aja!)

Sekadar perbandingan, TikTok menjangkau 1 miliar pengguna aktif bulanan dan kemungkinan akan menjadi platform pertama yang mencapai tonggak sejarah dalam waktu sesingkat itu.

(sst)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini