Ngobrol Bareng Pangeran Tentang Aksara Jawa, Ikuti Live Streaming IG Live dan YouTube MNC Trijaya!

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 16 2371473 ngobrol-bareng-pangeran-tentang-aksara-jawa-ikuti-live-streaming-ig-live-dan-youtube-mnc-trijaya-aGnSa8soRH.jpg Foto:Ist

PENGEMBANGAN kebudayaan sering terlupakan dalam perbincangan akhir-akhir ini, terlebih dengan pembatasan selama pandemi Covid-19, pagelaran budaya yang mengumpulkan banyak orang terpaksa dialihkan ke ruang-ruang virtual.

(Baca juga: Petaka di Lantai Dansa Membuat Sita Terpapar Corona hingga Menembus 1 Juta)

Salah satu bentuk kebudayaan Jawa adalah aksara yang dikenal sebagai Hanacaraka. Aksara ini masih diajarkan di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur sebagai pelajaran muatan lokal.

Selain di bangku sekolah, aksara ini jarang dipakai dalam kehidupan sehari-hari secara umum, misalnya di media sosial maupun online, berbeda dengan aksara lainnya seperti Hanzi (Cina) dan Hangeul (Korea) yang bisa ditemui di gadget kita.

Untuk mengembangkannya, Kongres Aksara Jawa akan diselenggarakan tanggal 22-26 Maret 2021 di Yogyakarta. Siapa saja yang bisa mengikuti kegiatan tersebut? Bagaimana upaya mengenalkan Hanacaraka ke generasi muda?

Radio Trijaya FM Networks menggelar "Ngobrol Bareng" Rabu (3/3/2021) pukul 14.00 WIB bersama penyiar Riri Artakusumah.

Pendengar Trijaya bisa berdiskusi dengan narasumber Kanjeng Pangeran Haryo Notonegoro yang bertugas melestarikan dan mengembangkan kesenian di Kraton Yogyakarta, dan inisiator Kongres Aksara Jawa, Setya Amrih Prasaja, melalui Whats App 0812.111.1046.

Acara ini juga bisa diikuti secara live streaming di mnctrijaya.com, RCTI+, Youtube MNC Trijaya, dan Instagram @mnctrijayafm.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini