Waspada, Ini Bahaya Filter Bubble pada Algoritma di Media Sosial

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 16 2376718 waspada-ini-bahaya-filter-bubble-pada-algoritma-di-media-sosial-MCplXorCDT.jpg Ilustrasi (foto: potretpendidikan.com)

JAKARTA – Pengguna media sosial terkadang tidak menyadari setiap konten yang di upload dan muncul di halaman beranda atau explore berbeda-beda antara satu pengguna media sosial dan lainnya, karena kinerja algoritma.

Algoritma media sosial hanya menyesuaikan topik-topik konten yang disukai oleh setiap pengguna. Biasanya, konten yang muncul adalah yang sering dilihat oleh pengguna tersebut.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), mengungkapkan bahwa algoritma bisa menimbulkan dampak buruk berkat fitur Bubble atau gelombang fitur.

 Baca Juga: Mengenal 4 Prinsip Kerja Algoritma dalam Dunia Komputerisasi

Filter Bubble merupakan penyaring informasi yang didapatkan pengguna saat menggunakan media sosial dan mesin pencari. Filter ini dapat membuat orang terisolasi secara intelektual.

"Informasi atau konten yang didapatkan seorang user akan terbatas pada konten sejenis yang disukainya akibat algoritma yang berlaku," jelas Kominfo melalui akun Twitter resminya, dikutip Jumat (12/3/2021).

Baca Juga: Ini Aplikasi Translate untuk Bantu Terjemahkan Bahasa 

Dengan begitu, ada kemungkinan orang yang suka melihat informasi hoaks akan terus terpapar hoaks melalui akun media sosial miliknya.

Untuk menghindari filter Bubble, Kominfo menyarankan agar pengguna mencari informasi lainnya yang diminati. Selain itu, menerapka perilaku kritis dan mengatur informasi yang ingin dilihat.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini